AMBON, Siwalimanews – Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Maluku Anos Yermias memberikan apresiasi penuh kepada Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional yang telah berupaya menuntaskan pembangunan dua jembatan di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Kedua jembatan yang dibangun sejak tahun 2020 yakni jembatan Waitunsa dan Waipulu, menjadi fokus Komisi III DPRD Provinsi Maluku agar dapat dituntaskan oleh BPJN, dan hasilnya progres pekerjaan kedua jembatan yang berada di Kabupaten Seram Bagian Timur ini mencapai 94 persen.

“Ini satu kebanggaan bagi kami, bahwa usaha perjuangan untuk kedua jembatan ini sudah berbuah manis dan tinggal beberapa persen lagi tuntas, kami optimis Lebaran nanti, kedua jembatan ini sudah dapat digunakan,” ujar Yermias kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (28/2)

Keberadaan jembatan ini kata Yermias, dipastikan membawa dampak yang cukup besar bagi masyarakat yang berada di Kecamatan Siwalalat dan Werinama yang selama ini terisolasi. Apalagi disaat musim penghujan tiba, terjadi luapan sungai yang cukup parah dan mengancam aktivitas masyarakat, akibatnya ada yang menjadi korban.

Jembatan Waitunsa yang kerjakan oleh PT Tiga Ikan Jaya Utama, dianggarkan  sebesar Rp68.863.663.000 sedangkan jembatan Waipulu dengan anggaran mencapai Rp72.570.701.000 dikerjakan oleh PT Lambok Ulina.

Baca Juga: Dihadiri Ratusan Pedagang, Rakor Bahas Pembangunan Lapak Nyaris Ricuh

Dengan anggaran yang cukup besar tersebut menunjukkan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR memiliki keberpihakan terhadap daerah-daerah yang selama ini terisolasi.

“Saya berharap dengan adanya kedua jembatan ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian, sebab telah didukung dengan akses jalan dan jembatan yang memadai,” harap Yermias.(S-20)