AMBON, Siwalimanews – Bertepatan dengan HUT Kodam XVI Pattimura, TNI Polri di Maluku kembali melakukan aksi sosial dengan menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Total bantuan yang disakurkan berjumlah 8870 paket yang sumber dananya berasal dari Polda Maluku dan Kodam XVI Pattimura Ambon.

Bakti sosial ini di awali dengan acara penyerahan bingkisan bantuan secara simbolis oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq kepada perwakilan personil Babinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat di lapangan Upacara Mapolresta pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Jumat (15/5).

Pangdam XVI Pattimura dalam amanatnya mengatakan, penyerahan bantuan yang dilakukan saat ini adalah kelanjutan dari penyerahan bantuan yang sudah dilaksanakan sebelumnya dengan tujuan meringankan beban hidup masyarakat ditengah pandemic Covid-19.

“Hari ini kita personil TNI Polri yang ada di Maluku bisa bersama-sama berbagi dengan masyarakat, penyerahan bantuan ini adalah kelanjutan dari penyerahan bantuan yang sudah dilaksanakan pada sebelumnya, semoga bantuan yang kita berikan ini bisa meringankan beban hidup masyarakat yang terdampak Covid-19,” harap Pangdam.

Baca Juga: 3 Terdakwa Illegal Logging Dituntut 2 Tahun Penjara

Dikatakan, pandemic yang terjadi saat ini tidak hanya berdampak terhadap ekonomi masyarakat, namun juga phsikis. Untuk itu penyaluran nanti , dirinya minta personil di lapangan untuk memberikan semangat serta himbauan kepada masyarakat agar mematuhi protokol pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus.

“Bantuan ini bukan hanya untuk meringankan ekonomi masyarakat yang terdampak tapi juga mendidik masyarakat agar bagaimana bersikap disiplin mengikuti program pemerintah yang sudah disampaikan saat ini demi kesehatan dan keselamatan bersama, jika mereka tidak tahu maka tugas kita untuk mendatangi mereka,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolda Maluku, Irjen Pol, Bahrudin Djafar dalam arahanya menegaskan, tujuan penyerahan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pembagian sosial ini kata Kapolda, secara serentak sudah disalurkan mulai Kamis (16/5) kemarin hingga hari ini dengan total bantuan sebanyak 8870 paket.

“Sumber dana dari bantuan ini berasal dari Polda Maluku dan Kodam XVI Pattimura. kita berharap semoga bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Usai penyerahan secara simbolis, Pangdam XVI Pattimura dan Kapolda langsung melepas secara resmi personil Babinsa dan Bahabinktibmas yang melaksanakan penyerahan bantuan ke desa masing masing. (S-45).