AMBON, Siwalimanews –  Untuk menciptakan situasi dan kondisi kamtibmas tetap aman dan kondusif di wilayah Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tnaimbra, maka Tni dan Polri mulai melakukan patroli gabungan skala besar yang juga turut melibatkan Satpol PP.

Patroli gabungan ini dilakukan atas petunjuk dan arahan Kapolres Tanimbar AKBP Umar Wijaya, sekaligus menindak lanjuti program quick wins presisi Polri maupun Program andalan Kapolda Maluku yakni Basudara Manise, dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman kondusif menuju Maluku Sejahtera.

“Patroli skala besar gabungan ini, kita lakukan sebagai bentuk tindak lanjut program pak Kapolda Maluku dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif menuju Maluku sejahtera, sekaligus sebagai tindak lanjut atas program quick wins presisi Polri yang sementara digalakan Polri,” ungkap kapolres kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Sabtu (26/11) kemarin.

Sementara itu, Kasubbag Strajemen dan RB Bag Ren Polres Tanimbar AKP ZJW Taborat yang dipercayakan selaku perwira pengendali dalam patroli ini mengaku, patroli ini dibagi menjadi dua regu yang dilakukan secara bergantian.

“Patroli dibagi menjadi 2 regu yang berpatroli secara bergantian, mulai malam Sabtu hingga Sabtu dinihari dan akan dilanjutkan pada saat malam minggu hingga hariMminggu saat libur kerja, guna meminimalisir potensi gangguan kamtibmas,” jelas Taborat.

Baca Juga: Ratusan Personel Amankan Kedatangan Wapres di Bandara Pattimura

Sedangkan terhadap kegiatan yang dilakukan selama berpatroli Taborat menjelaskan, personel gabungan menyambangi masyarakat yang beraktifitas pada malam hari dan memberikan imbauan atau pesan-pesan kamtibmas untuk tetap menjaga situasi tetap aman kondusif dan juga melakukan pembubaran secara humanis dan pembinaan terhadap sekelompok pemuda yang kedapatan sedang menkonsumsi miras di salah satu lokasi tempat jualan warga di depan kompleks Kewarbotan, Kota Saumlaki.

Selain itu, setiap personil juga memberikan himbauan kamtibmas terhadap warga yang sedang melakukan nonton bareng piala dunia untuk selalu menjaga situasi kamtibmas yang aman di lingkungan sekitar dan diarahkan agar selesai nobar, segera kembali ke rumah masing – masing tanpa melakukan kegiatan Pawai kemenangan yang mengumpulkan konsentrasi masa dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4. (Mg-1)