AMBON, Siwalimanews – Jelang hari bakti, TNI Angkatan Udara ke-76, Lanud Pattimura menggelar sejumlah kegiatan, salah satunya memberikan bantuan bagi anak-anak penderita stunting berupa makanan sehat dan vitamin.

Kepedulian TNI AU sendiri karena berkaca dari hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan, prevalensi balita stunting di Maluku mencapai 26,1% pada 2022. Angka ini menempatkan provinsi tersebut berada di peringkat ke-13 nasional.

Bantuan bagi penderita stunting diberikan kepada anak-anak yang tinggal di sekitar Lanud Pattimura, Rabu (12/7).

Selain penyerahan bantuan kepada anak-anak stunting, Lanud Pattimura juga melakukan penanaman pohon, penyerahan bantuan kepada Masjid Nuruh Huda berupa 334 sak semen dan perlengkapan ibadah di Gereja Katedral Santo Fransiskus Xaverius.

Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapea membenarkan kegiatan yang dilakukan dalam rangka hari bakti TNI AU.

Baca Juga: Kapolda Tekankan 7 Pelanggaran Operasi Salawaku

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan upaya penurunan stunting dan penanaman pohon yang bekerjasama dengan pihak PT. Astra dan FIFGroup dalam rangka hari bakti TNI AU,” kata Danlanud.

Program penurunan stunting lanjutnya yang menjadi program nasional termasuk penurunan tingkat emisi gas rumah kaca.

Penjabat Walikota Ambon dalam sambutan yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Fahmi Salatalohy mengatakan pemkot mendukung dan mendorong terus upaya untuk penurunan stunting.

“Kita sangat mendukung dan terus mendorong segala upaya penurunan angka stunting di Kota Ambon,” katanya.

Sementara itu, Director in charge Astra financial, Suparno Djasmin  mengaku peduli stunting yang berkolaborasi dengan Lanud Pattimura masuk ke dalam pilar Fifgroup.

“Program ini sejalan untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau yakni kehidupan sehat dan sejahtera, dengan langsung memberikan makanan sehat dan vitamin bagi 50 anak stunting dan 50 ibu hamil,” jelasnya. (S-25)