AMBON, Siwalimanews – Taman Kanak Kanak (TK) Kristen Rehoboth masih menjadi yang terbaik di maluku dalam meraih prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia Provinsi Maluku Fien Ngarbingan mengaku TK Kristen Rehoboth hingga saat ini masih menjadi sekolah untuk anak usia dini yang terbaik di Maluku.

“Siswa tamatan TK Rehoboth sampai dengan mereka ke jenjang sekolah dasar, selalu meraih prestasi yang sangat membanggakan, kata Ketua IGTKI Maluku, Senin (13/6).

Buktinya kata kata Ngarbingan, dalam kondisi pandemi Covid-19 semangat anak-anak ini masuk sekolah untuk belajar tidak surut, itu juga tidak terlepas dari peran orang tua dan para guru yang tidak kendor dan itu terbukti, dimana hari ini mereka diwisudakan.

“Saya sendiri berharap, anak-anak ini nanti setelah dibangku SD mereka tetap semangat belajar dan tetap semangat untuk masuk sekolah seperti yang mereka sudah dibina di TK kurang lebih 6 bulan secara efektif, semoga ini juga tetap memacu semangat mereka untuk berkembang menjadi anak-anak Indonesia yang cerdas, yang sehat jasmani maupun rohani,” katanya.

Ia juga berharap, program-program pendidikan di TK Rehoboth tetap dijalankan terutama 75 persen untuk pendidikan perilaku dan 25 persennya itu untuk pengetahuan.

“Ini yang sangat diharapkan, sebab bukan saat saya saja jadi kepsek, namun setelah saya pensiun dan sudah tak aktif lagi di sekolah ini, tapi saya tetap berharap anak-anak ini semakin maju sama dengan kakak-kakak mereka terdahulu, dan suatu saat saya akan bisa melihat mereka jadi pimpinan daerah maupun pimpinan di bangsa dan negara ini,” tuturnya.

Oleh sebab itu menurutnya orang tua terkadang menginginkan anak-anaknya tamat TK sudah harus bisa membaca dan menulis, padahal ini pemahaman yang salah, karena yang dilakukan di TK adalah menanamkan perilaku yang baik terhadap anak-anak lewat pendidikan perilaku.

Kenapa demikian sebab dengan pendidikan perilaku 75 persen dan ilmu pengetahuan 25 persen yang diajarkan di TK Rehoboth terbukti.

“Siswa tamatan dari sekolah ini menjadi leader di SD bahkan sampai SMP dan seterusnya,” ungkap eks kepala TK Rehoboth tersebut.

Sebelumnya pada acara wisudawan Kepsek TK Rehoboth Rany Retraubun mengaku, walaupun ditengah pandemi, namun para siswa TK Rehoboth berhasil menyelesaikan studi mereka dengan baik.

“Hari ini yang diwisudakan hanya 12 orang dari 15 siswa, sebab 3 siswa akan lanjut sekolah lagi satu tahun, dikarenakan umur mereka sesuai peraturan belum bisa untuk masuk ke jenjang SD,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Retraubun atas nama sekolah dan yayasan menyampaikan terima kasih kepada para orang tua yang telah membantu dan menopang para guru.

“Tugas kami disekolah hari ini telah usai dan sekarang kami akan kembaikan anak-anak ini ke setiap orang tua untuk membawa mereka masuk ke jenjang SD. Kami berharap anak-anak dapat belajar dengan baik, agar sampai di SD mereka dapat beradaptasi dengan teman-teman mereka yang baru,” harapnya.  (S-06)