AMBON, Siwalimanews – Lima siswa Kristen Kalam Kudus Ambon mewakili Maluku di Kompetensi Sains Nasional 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebu­-dayaan, Riset, dan Teknologi.

Kompetensi Sains Nasional tingkat SMP diikuti oleh Maxsel Hehamahua (bidang Matematika), Shane Gabriella Kho (bidang Matematika) dan Kayla Maharani Revalinavexia (bidang IPA).

Sedangkan tingkat SD diikuti oleh Yoan S. Wailola (bidang IPA) dan Kenzo A. Sitanaya (bidang Matematika).

Pelasana Direktur Sekolah Kristen Kalam Kudus Ambon Marlon Lahope kepada Siwalima, Minggu (7/11) menjelaskan kalau Sekolah Kalam Kristen Kudus Ambon menjadi sekolah unggulan yang sering mengirim wakil di kompetensi sains tingkat nasional.

“Kali ini ada lima siswa yang kita kirim mengikuti kompetensi sains tingkat nasional baik siswa SD maupun SMP,” jelas Marlon.

Dirinya mengaku punya persiapan khusus untuk membina para siswa sebelum bertanding.

“Kita mengevaluasi, bidang mana yang belum berhasil juara, kemudian bidang mana yang perlu ditingkatkan kualitasnya, semua kita evaluasi barulah kita pilih siswa terbaik untuk didik dan lima terbaik ditingkat yang lolos di kompetensi sains tingkat Maluku, kita kirim ke tingkat nasional,” kata Marlon.

Sebelum berlanga ditingkat nasional, para siswa harus bersaing dengan puluhan peserta dari seluruh Maluku pada kompetensi sains tingkat Maluku yang diselenggarakan oleh Univesitas Pattimura yang ditunjuk mewakili Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Kami bersyukur semua siswa kami terpilih mewakili maluku dan sebagai sekolah Kristen unggulan, kami ingin meraih yang terbaik dalam kompetisi ini,” harap Marlon.

Untuk Kompetensi Sains Nasional 2021 tingkat sekolah dasar menurutnya sudah dilakukan pembukaan pada minggu 7 november dan akan berlomba pada 8-9 November.

“Kalau tingkat SD sudah pembukaan sedangkan jadwal perlombaan tingkat SMP kami belum mendapat dari panitia,” tandasnya.

Untuk itu dirinya berharap para peserta yang mengikuti kompetensi ini dapat menyelesaikan semua soal dengan baik dan bisa meraih juara. (S-39)