AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisuta didampingi Yusuf Wally dan Taha Abubakar, meninjau lokasi kebakaran, di kawasan Lorong Tahu, Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Jumat (9/12).

Disela-sela kunjungan itu, Toisuta yang didampingi Lurah Rijali menemui dan menyapa warga terdampak kebakaran, yang diketahui sebagian besarnya keluar dari rumah dan kos-kosan mereka, tanpa membawa apapun, sekaligus memberikan makanan siap saji bagi warga terdampak.

Toisuta pada kesempatan itu, minta Pemerintah Kota Ambon, bertindak cepat untuk melakukan penanganan terhadap warga korban kebakaran.

“Kami harap pemkot bertindak cepat, lakukan tanggap darurat dengan berikan bantuan terhadap masyarakat yang terkena musibah. Kami juga harap OPD-OPD terkait bisa turun langsung dan melihat situasi dan kondisi masyarakat. Jadi selain mendata, tetapi juga dapat berikan bantuan mendesak, yang dibutuhkan, seperti tenda penampungan warga, dapur umum, penerangan dan air bersih serta MCK,” pintanya.

Empat hal dasar ini kata Toisuta, sangat penting dibutuhkan oleh warga saat ini. Untuk itu, pemkot melalui OPD terkait, diharapkan dapat melihat hal itu.Sementara untuk warga yang kehilangan rumah, akan menjadi perhatian pemkot dan lewat DPRD juga akan mengawasainya.

Baca Juga: Polda Maluku Datangkan Puslabfor dari Makassar

Selain itu, DPRD juga akan bersama-sama melakukan pendataan terkait berapa banyak rumah dan jiwa yang terdampak dari peristiwa ini, yang tentunya dengan persyaratan yang harus dimiliki oleh warga, sebagai syarat menerima bantuan dari pemerintah.(S-25)