AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka meningkatan kualitas penyelanggaraan pelayanan publik, maka Pemkot Ambon dan Ombusdman RI menandatangani Momerandum of Understanding.

Penandatanganan Mou tersebut dilakukan oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dan anggota Ombusdman RI Johanes Widijantoro di ruang rapat Vllisingan, Balai Kota, Senin (22/5).

Usai penandatanganan MoU, kepada wartawan walikota menjelaskan, hari ini pemkot bersepakat dengan lembaga tinggi negara, karena memang tugas pokok dan fungsi pemkot adalah berupaya untuk menghadirkan kesejahteraan yang dilakukan melalui upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Sementara tanggung jawab Ombudsman adalah, bagaimana mengarahkan, membimbing, membina dan  mengayomi jajaran pemda untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Apalagi, Kota Ambon baru saja keluar dari sebuah proses penindakan yang dilakukan oleh KPK, kenapa itu bisa terjadi, karena ada hal yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Dalam upaya untuk keluar dari dua situasi yang sulit ini, maka jajaran pemkot hari ini berupaya dengan sekuat tenaga untuk bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat, sebab kita bertanggung jawab untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, sehingga upaya perbaikan kualitas pelayanan di kota ini terus dilakukan di berbagai aspek,” ucap walikota.

Baca Juga: DPRD Dorong Pemda Perhatikan Kondisi Teluk Ambon

Walikota mengaku, saat ini pihaknya mempunyai komitmen untuk mewujudkan jajaran pemerintah yang bersih dan transparan, terutama bagi OPD terkait yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik. Selain itu semua proses-proses perizinan, juga diupayakan untuk dilakukan secara online.

“Ini adalah upaya kita untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Artinya yang saya sampaikan ini adalah upaya kita untuk tingkatkan kualitas pelayanan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, walikota juga menyampaikan terima kasih  kepada jajaran Ombudsman RI yang terus memberikan perhatian bagi Pemkot Ambon.

“Kita berharap dalam semangat kerja sama, dalam kolaborasi yang kita bangun, semua harapan dapat terwujud dan pada waktunya Kota Ambon akan menjadi kota dengan tingkat pelayanan publik yang terbaik serta memuaskan, ini yang menjadi harapan kita,” tutupnya.(Mg-1)