AMBON, Siwalimanews – Untuk meningkatkan ketrampilan teknologi informasi dan komunikai dalam pengembangan video pembelajaran bagi para guru, maka Tim Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Universitas Kristen Indonesia Maluku (PKMS UKIM) yang dipimpin Leonardo Petra Refialy turun ke Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Ambon untuk memberikan pelatihan, sekaligus membantu membuat website sekolah tersebut.

“Tim ini merupakan penerima pendanaan pengabdian kepada masyarakat tahun 2022 oleh Kemendikbud-Ristek yang terdiri dari saya sendiri sebagai ketua, serta beranggotakan Lisse Pattipeiluhu dan dua mahasiswa Prodi Informatika Fakultas Ilmu Komputer UKIM turun ke SLB Negeri Kota Ambon di Jalan Sedap Malam, Nania Atas, Kota Ambon,” ungkap Ketua Tim PKMS UKIM, Leonardo Petra Refialy dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Sabtu (24/9).

Menurutnya, para guru di SLB perlu memiliki kompetensi dalam mengembangkan media pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik, yang dalam hal ini adalah anak-anak berkebutuhan khusus seperti, penggunaan media video sebagai sarana pembelajaran agar dapat meningkatkan efektifitas proses belajar kepada siswa.

Sementara fakta yang terjadi ialah, para guru di SLB ini dalam melakukan proses belajar mengajar kepada siswa, masih belum memanfaatkan media video pembelajaran, sebab masih dilakukan secara verbal dan menggunakan buku teks.

“Dengan demikian Tim PKMS UKIM berupaya memberikan satu solusi dengan adanya proses pelatihan dan pendampingan pembuatan video pembelajaran terhadap para guru di lingkungan mitra (SLB Negeri Kota Ambon) untuk setiap jurusan kekhususan (kecuali tuna netra low vission), dikarenakan mempunyai metode khusus dalam proses pembelajaran,” jelasnya.

Baca Juga: Walikota: 30 September Raja Urimessing Dilantik

Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Tim PKMS UKIM yang dipusatkan di laboratorium komputer SLB Negeri Kota Ambon kata Refialy, diikuti oleh 15 peserta yang merupakan guru-guru di lingkungan SLB Negeri Kota Ambon.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (24/8) kemarin tersebut sangat mendapat apresiasi dari kepala sekolah maupun dewan guru yang ikut pelatihan itu, sehingga proses pelatihan berjalan dengan sangat baik.

“Hal itu dikarenakan para peserta kegiatan mampu meningkatkan kemampuan serta ketrampilannya dalam pembuatan video pembelajaran sesuai dengan tercapainya indikator penilaian yang disiapkan oleh Tim PKMS,” tutur Refialy.

Refialy mengaku, para peserta pelatihan setelah mengikuti kegiatan memberikan respon yang positif berdasarkan hasil project video yang mereka kerjakan. Bahkan, testimoni para peserta kegiatan yang dihimpun merasa sangat termotivasi dan terbantu atas kegiatan pelatihan tersebut.

Selain melakukan kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran kepada para guru, Tim PKMS UKIM juga melakukan pembuatan website sekolah dan pelatihan terhadap operator TIK sekolah dalam pengelolaan websitenya yang dilakukan pada, Jumat (26/8).

“Ini merupakan tindak lanjut dari masalah lain yaitu pihak SLB dalam memberikan informasi kepada orang tua, keluarga dan masyarakat terkait proses pendidikan masih menggunakan cara manual seperti papan pengumuman, spanduk dan brosur. Solusi yang diberikan Tim PKMS diharapkan tepat sasaran dalam menjawab permasalahan yang dialami mitra (SLB Negeri Kota Ambon), terlebih dalam perkembangan Iptek yang semakin berkembang ke arah digitalisasi, maka hal tersebut dapat juga turut serta meningkatkan proses pelayanan kepada siswa/siswi, orang tua, dan masyarakat sebagai sarana informasi serta dapat dimanfaatkan sebagai media promosi sekolah,” ucap Refialy.

Ia mengaku, Tim PKMS UKIM sangat puas dalam melakukan kegiatan pelatihan pembuatan video bagi para guru maupun dalam membuat website sekolah dan pendampingan terhadap operator TIK dalam pengelolaan websitenya, karena semua proses tahapan kegiatan PKMS yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat mencapai tujuan pelaksanaan kegiatan PKMS.

Kepala SLB Negeri Kota Ambon Endah Pertiwi, pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas nama pihak sekolah kepada Tim PKMS UKIM yang telah memberikan atensi dan manfaat yang sangat membantu dalam peningkatan proses pembelajaran maupun pelayanan dalam lingkungan SLB Negeri Kota Ambon. (S-06)