AMBON, Siwalimanews –  Ratusan gabungan prajurit TNI yang berasal dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU bergotong royong membersihkan pantai di sekitar Jembatan Merah Putih, Kota Ambon, Sabtu (24/9).

Kegiatan pembersihan pantai ini merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-77 TNI yang puncaknya akan dilaksanakan pada 5 Oktober mendatang, yang digelar oleh Kodam XVI Pattimura bersama dengan Lantamal IX Ambon dan Lanud Pattimura.

Pembersihan pantai ini sendiri dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara, guna menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari, serta meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam pengelolaan sampah dari muara dan pesisir.

Kegiatan yang diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Waaster Kasdam XVI Pattimura Letkol Arm Budi Arsad, dilanjutkan dengan pembagian sektor pembersihan.

Dalam arahannya, Waaster menyampaikan kegiatan ini dilakukan bukan hanya sekadar pembersihan, namun juga turut membantu pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga: Walikota: 30 September Raja Urimessing Dilantik

“Kota Ambon mempunyai sebagian besar wilayahnya adalah lautan, dan terdapat banyak pantai, untuk itu apa yang kita lakukan hari ini sebagai prajurit TNI, adalah wujud dalam membantu pemerintah dan masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai. Untuk itu mari kita laksanakan pembersihan pantai ini dengan semangat, ikhlas dan maksimal,” pinta Waaster.

Ia berharap, dengan karya bakti pembersihan pantai ini, sebagai wujud nyata kekompakan dan sinergitas TNI dalam mengemban tugas, tidak hanya dalam menjaga kedaulatan negara, tetapi juga menjaga silaturahmi dan kebermanfaatan untuk masyarakat, sesuai dengan tema HUT TNI tahun ini yakni, TNI Adalah Kita.

Turut hadir dalam kegiatan pembersihan pantai, Aster Kasdam XVI Pattimura, Pabandya Komsos Teritorial Kodam XVI Pattimura, dan Paban Spotmar Lantamal IX Ambon. (S-25)