NAMLEA, Siwalimanews – Sebanyak 13 warga yang baru tiba dari Pulau Ambon, saat ini dikarantina di Desa Waemorat, Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru.

13 warga ini datang dari Kota Ambon melewati Desa Asilulu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, kemudian melanjutkan perjalanan laut dengan longboat menuju Waemorat dan tiba di desa tersebut Minggu siang (10/5).

Ke-13 warga yang tiba dengan longboat dari Asilulu ini terdiri dari enam warga Waemorat yakni WB (22), F (24) dan bayi berumur bulan, kemudian NB (20), SB (20) dan CB (19).

Sisanya , tiga orang berasal dari Desa Lamahang yakni berinisial A (20), MT (20) dan HW (19), Kemudian RB (18) dari unit 15, dan I (22) asal Airbuaya.

Dua warga dari Pulau Pasir putih, Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan, juga ikut dalam rombongan ini yakni CW (17) dan P (17).

Jubir Satgas Covid 19 Kabupaten Buru Nini Rahim yang dihubungi Minggu malam, membenarkan kedatangan 13 warga dari Kota Ambon ini.

“Saat ini mereka sementara ditampung di rumah isolasi Desa Waemorat,” jelas Nani Menurutnya, satgas akan melakukan langkah terukur terhadap mereka yang datang dari zona merah, yakni wajib karantina dan di rapid test.

Apalagi mereka yang baru datang ini tidak dibekali surat keterangan sehat dari gugus tugas setempat.

“Sementara kita suruh tahan di Waemorat untuk di rapid test,” pungkas Nani.(S-31)