AMBON, Siwalimanews – Hujan deras yang mengguyur Kota Ambon sejak Kamis (3/6) malam hingga Jumat (4/6) dini hari, meng­akibatkan longsor ter­jadi di kawasan Kayu Putih Desa Soya Ke­camatan Sirimau.

Talud milik keluarga Soplanit runtuh dan menimpa rumah milik keluarga Leatemia yang terletak di RW 03/RT003 Dusun Kayu Putih Desa Soya itu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam persitiwa ini.

Meskipun demikian, rumah keluarga Lea­temia mengalami keru­sakan berikut dua unit sepeda motor milik keluarga ini juga ikut tertimbun longsor. Mas­yarakat yang ada di lokasi kejadian kaget, lantaran longsor bisa terjadi.

Peristiwa ini menyadarkan mas­yarakat untuk tetap waspada tat­kala musim penghujan tiba. Kepala BPBD Kota Ambon Demy Paays mengatakan, pihaknya sudah la­ngsung melakukan tanggap daru­rat. Rumah milik keluarga Leate­mia kata Paays harus dtertangani lantaran rusak ditimbun material longsor

“Robohnya talud ini mengakibat­kan bagian rumah milik keluarg Lea­temia, termasuk dapur dan kamar rusak akibat tertindih material longsor tersebut,” jelasnya.

Baca Juga: Polisi Bidik Fahmi Sallatalohy Terkait Sekolah Penerbangan di Passo

Paays menambahkan, bukan saja rumah milik keluarga Leatemia yang mengalami kerusakan, namun dua unit sepeda motor milik keluarga ini juga ikut tertimbun  longsor.

“Tim Tagana dan BPBD sudah turun ke lokasi dan lakukan evakuasi. Untunglah dalam kejadian robohnya talud ini tidak menelan korban jiwa. Sementara untuk bantuan tanggap darurat, sudah diberikan,” ungkap Paays.

Bantuan dari BPBD Kota Ambon yang sudah diberikan ialah karung, terpal dan gerobak. “Bahkan kita sudah turun untuk melakukan pembersihan termasuk memecahkan talud yang roboh tersebut,” katanya.

Ia berharap, masyrakat waspada terhadap situasi cuaca yang selalu berubah-ubah, agar menghindari adanya korban jiwa, jika sewaktu-waktu terjadi bencana. (S-51)