MASOHI, Siwalimanews – Pasien tumor mediastinum atau tumor dalam rongga dada J Tuhuleruw membutuhkan bantuan dan uluran tangan samua pihak, untuk mendapat pengobatan lebih lanjut di luar Provinsi Maluku.

Pasalnya, pasien yang kini sedang dirawat intensif di ruang Mawar RSUD Masohi itu, memiliki keterbatasan ekonomi untuk pembiayaan pengobatan ke luar daerah.

Secara umum tumor mediastinum adalah jenis penyakit yang berada di wilayah rongga dada yang mesti mendapatkan perawatan intensif. Penyakit ini tergolong jinak, namun jika tidak segera ditangani akan menyebabkan komplikasi dan mengganggu organ lainnya.

Kepada wartawan pasien yang didampingi keluarganya mengaku, awal dirinya masuk rumah sakit karena keluhan sesak nafas hingga hampir kehilangan kesadaran.

“Saya masuk sejak Minggu 29 Oktober lalu. Saat itu saya mengalami sesak nafas hingga sempat jatuh dan kehilangan kesadaran,” ucapnya kepada wartawan di ruang mawar RSUD Masohi, Rabu (1/11).

Baca Juga: DPRD Mulai Bahas Revisi Perda Tentang Negeri

Sementara itu, dokter Jorike saat dihubungi wartawan melalui telepon selulernya menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap pasien, menunjukan pasien positif menderita penyakit mediastinum.

Karennya yang bersangkutan memang harus mendapatkan perawatan lebih lanjut di rumah sakit yang memiliki prasarana lebih lengkap.

“Awal masuk kondisi pasien sangat lemah dan mengalami sesak nafas. Setelah kita periksa lebih lanjut pasien menderita penyakit tumor mediastinum. Hasil inipun sebelumnya telah diketahui pasien beberapa bulan lalu saat menjalani pemeriksaan CT scan di RS Leimena Ambon,” Jelas Jorike.

Jorike mengaku, fasilitas RSUD Masohi untuk dapat menangani penyakit ini belum memadai, karennya pasien memang mesti mendapatkan pengobatan di luar daerah.

“Kalau dari segi penyakitnya memang harus segera dirujuk ke luar daerah. Kita tidak bisa memvonis jenis jinak atau ganas. Namun demikian pasien harus secepatnya mendapatkan pengobatan di rumah sakit yang memiliki peralatan yang lebih lengkap,” cetusnya.(S-17)