PANDEMI covid-19 telah melanda Indonesia, kurang lebih tujuh bulan sejak diumumkannya kasus positif Covid-19 pertama pada awal Maret lalu. “Pemerintah pun tak henti menyerukan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran virus corona.

Utamanya dengan gerakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. “Untuk Provinsi Maluku penyebaran virus corona masih tinggi, Hingga Selasa ((19/2) angka penyebaran corona virus (Covid-19) 0telah mencapai 6.148 kasus terdiri dari dirawat 923 pasien tersebar di Kota Ambon 403 orang, Malteng 157, SBB 13 orang, SBT 4 orang, Bursel 16, Aru 103, Kota Tual 56m Malra 54, KKT 90 dan MBD 1 orang. sembuh 5.133 dan meningeal 92 orang.

“Melihat penyebaran corona yang masih tinggi, sejumlah pihak meminta pemerintah mengevaluasi penanganan Covid-19. Masyarakat juga diharapkan menaati protokol kesehatan. “Pemerintah terus didorong untuk memberikan edukasi protokol kesehatan yang lebih gencar dan lebih baik lagi. Ukurannya harus bisa membuat masyarakat menyadari bahaya penularan covid-19 dan kepatuhan menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

“Masyarakat di Maluku harus bisa dibangun kesadarannya bahwa risiko tertular bukan tidak terkait dengan adanya operasi yustisi atau denda, tapi risiko tertular karena perilaku mereka sendiri yang tidak taati protokol kesehatan.“Pelaksanaan menjaga jarak (social distancing) akan menurunkan transmisi (penularan).

Namun problemnya adalah jika social distancing dilakukan terlalu ketat atau terlalu lama maka social ekonomi akan memburuk.

Baca Juga: Lawan Covid, Dukung Program Vaksinasi

“Jika angka penuluran meningkat seperti di Kota Ambon yang tercatat sebagai penyumbang penyebaran covid tertinggi, maka pemerintah harus punya indikator yang

jelas kapan harus sedikit melonggarkan, kapan harus diketatkan dan itu harus dilakukan secara konsisten.

“Dengan intensnya edukasi yang dilakukan dengan melibatkan stakeholder lainnya seperti tokoh agama,.tokoh masyarakat,.tokoh pemuda seluruh aparatur pemerintah ditingkat desa, kelurahan, rukum warga dan rukun tetangga maka upaya menekan penyebaran virus tersebut dengan mengedepankan penerapan 3 M pasti akan terwujud. “Hanya dengan kesadaran yang tinggi terapkan 3 M dan intens edukasi kita percaya Maluku bisa mampu kendalikan penyebaran virus corona. Semoga. (*)