AMBON, Siwalimanews – Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Noach dan Agustinus Kilikily menepati janji kampanye dengan pemberataan infrastruktur khususnya air bersih di semua kecamatan.

Mengatasi kesulitan air bersih, Pemeritah Kabupaten MBD membangun sumur bos di Pulau Luang tepatnya di Desa Lurang Timur dan Lurang Barat, Kecamatan Mndona Hiera.

Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) Luang yang mengaliri Desa Luang Barat dan Desa Luang Timur namun kapasitasnya masih terbatas karena anggaran.

SPAM Luang baru sudah dinikmati oleh seluruh warga di Desa Luang Timur sementara di Desa Luang Barat baru sebagian saja.

Walaupun air yang ada dirasakan payau oleh masyarakat namun masyarakat desa Luang Timur sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah karena bisa menikmati air bersih di rumahnya masing-masing.

Baca Juga: Lusa, Ribuan Kendaraan Masuk Ambon

Dijelaskan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perumahan Rakyat bahwa SPAM ini berasal dari dua sumur bor.

Untuk kedalaman sumur bor di Desa Luang Timur seharusnya adalah 30 meter namun karena debit airnya kecil, maka kedalaman sumur ini hanya berkisar di kedalaman 10 meter.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman MBD, Semuel F. Rupilu mengungkapkan rasa  syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa SPAM Desa Kahiling dapat terselesaikan serta  dapat difungsikan untuk melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat di kawasan perbatasan rawan air yakni Desa Kahiling.

Lanjutnya, SPAM Desa Kahiling dibangun dengan  APBD MBD 2021 melalui DAK Bidang Air Minum. Menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Daerah MBD lewat Dinas PUTR Perkim untuk membangun SPAM  di Desa Kahiling.

“Secara geografis  memiliki  kontur tanah yang berbukit-bukit dan terjal sehingga sulit untuk dikerjakan,” jelasnya.

Namun atas kerja keras dan dukungan masyarakat, SPAM desa Kahiling dapat diselesaikan dan difungsikan. SPAM desa Kahiling terdiri dari 1 buah Broncup volume 20 M3, 1 buah reservoir tekan volume 3 M3, 1 buah resorvoir Distribusi 20 M3, 1 Buah Pompa tekan 24 Head dan 1 unit panet solar sel, 12.000 M pipa HDPE ukuran 3 “ dan 120 SR

Sementara itu SPAM ini dibangun dengan menggunakan sistem gravitasi dan sistem tekan (Pompa dan Solar Sel). Jarak dari sumber air ke Desa Kahiling berjarak 13 KM.

SPAM ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa Kahiling dalam memenuhi salah satu kebutuhan dasar yakni kebutuhan air bersih, dan juga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi keluarga dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Terdapat 120 Sambungan Rumah (SR) sehingga seluruh rumah tangga di desa Kahiling mendapat sambungan  Air Bersih. Harapannya kepada pemerintah Desa Kahiling dan masyarakat bersama stakeholder lainnya agar berperan aktif dalam merawat, memelihara, menjaga, dan mengelola secara baik SPAM ini sehingga dapat melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat desa Kahiling untuk jangka waktu yang panjang dan tidak berkesudahan.

“Pemerintah Daerah berkomitmen untuk terus menyediakan infrastruktur dasar bagi kemajuan masyarakat Maluku Barat Daya sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati  MBD Periode 2021-2026,” tandasnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih disampaikan kepada penyedia, camat wetar timur,  Kepala Desa Arwala, Kepala Desa Ilwai dan Kepala Desa Kahiling dan  seluruh pihak yang membantu dalam pembangunan SPAM di Desa Kahiling sampai dengan penyelesaiannya. (S-09)