AMBON, Siwalimanews – Sebanyak enam kelompok masyarakat, hari ini, Jumat (26/8) menemui Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, dihari pertama dijalankannya program Walikota Jumpa Rakyat (Wajar), Jumat (26/8).

Kedatangan enam kelompok warga kota itu menemui walikot, untuk menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan dan keresahan mereka, pada daerah masing-masing.

Usai menemui wargadari keenam kelompok itu, walikota kepada wartawan menjelaskan, apa yang disampaikan warga dihari pertama pelaksanaan program ini, akan dievaluasi untuk ditindaklanjuti.

“Pertama kita melaksanakan program ini hanya 2 jam, kita bersykur walaupun ditengah kondisi hujan yang cukp deras mengguyur kota ini, tapi masyarakat ada yang mau datang sampaikan aspirasi mereka, soal persoalan-persoalan yang dihadapi, seperti persoalan air bersih, soal pasar, soal di lingkungan, ada juga soal kenyamana perusahaan, semua itu disampaikan,” ucap walikota.

Walikota mengaku, melalui program ini, Pemkota Ambon lebih mudah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan, bahkan persoalan yang dihadapi rakyatnya.

Baca Juga: KPK Eksekusi Ivana ke Lapas Perempuan

“Dari percakapan tadi, apa yang menjadi tanggungjawab pemerintah, akan ditindaklanjuti. Tapi nanti kita akan evaluasi, artinya sampai sejauh mana pemerintah cepat merespon ini lewat OPD teknisnya,” jelas walikota.

Walikota mengaku, melalui program ini, secara tidak langsung juga dapat memudahkan dirinya selakukepala pemerintahan  untuk dapat mengevaluasi kinerja masing-masing setiap pimpinan OPD.

“Jadi program ini, selain dimaksudkan untuk kita menyerap aspirasi masyarakat, juga sebagai ajang yang saya pakai untuk evaluasi OPD,” ungkap walikota.

Artinya kata walikota, ketika ada keluhan terkait air bersih, seperti yang dikeluhkan warga hari ini, sejauh mana respon OPD, dan bagaimana menindaklanjuti itu. Ini tentu akan memudahkan dalam proses evaluasi terhadap kinerja setiap OPD.

“Jadi kalau ada keluhakn soal air bersih atau jalan misalnya, bagaimana OPD merespon itu, ini kita bisa evakuasi OPD atas kinerja mereka,” tutur walikota.

Walikota berharap, melalui program ini, pada waktunya bisa menjawab semua aspirasi masyarakat, dan merealisasi apa yang menjadi kebutuhan mereka.

“Program ini setiap Jumat, kalau seandainya saya tidak ada, maka ada pimpinan OPD, tapi selama saya di Ambon, saya akan hadir dan menerima masyarakat disini,” tandas walikota. (S-25)