Guna menekan kematian ibu dan anak, pemerintah kabupaten seram bagian timur menggelar skrining bagi pasangan usia subur dan calon pengantin.

“Kegiatan ini dimaksud untuk mencegah dan menekan tingginya angka kematian ibu dan angka kematian bayi,” kata Pelaksana Tugas Kadis Kesehatan SBT Samun Rumakabis kepada wartawan di Kota Bula, Minggu (12/11).

Untuk itu ia berharap kepada calon ibu rumah tangga atau calon pengantin harus meluangkan waktu untuk mengunjungi fasilitas kesehatan yang sudah disediakan.

“Ini perlu untuk mengontrol kondisi kesehatan sebelum hamil termasuk konseling kesehatan umum dan kesehatan reproduksi,” harapnya.

Ia menambahkan workshop ini bertujuan untuk sama-sama memperbaiki status kesehatan reproduksi perempuan baik memasuki masa kehamilan.

Baca Juga: Mensos: Sebesar Apapun Ancaman akan Kita Hadapi

Olehnya untuk mempercepat implementasi program, perlu dilakukan pembinaan atau pelatihan bagi petugas yang menagi program.

“Penting agar petugas lebih memaksimalkan pelaksanaan pelayanan skrining pada fasilitas kesehatan kepada ibu hamil atau calon pengantin baru,” tandasnya.(S-27)