AMBON, Siwalimanews – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah Maluku telah mengalo­ka­sikan anggaran sebesar 16 miliaran lebih guna menangani ruas jalan Pasahari menuju Bula.

PPK 2.5 Provinsi Maluku, Adrian Maun menjelaskan, ruas Jalan Pasa­hari–Kobisonta–Banggoi–Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur me­rupakan salah satu ruas jalan Nasional yang menjadi tanggung jawab BPJN pada Satuan Kerja Wilayah II Provinsi Maluku.

Untuk mempercepat pekerjaan ruas jalan tersebut, lanjut Maun, BPJN Maluku telah menandatangani kontrak nomor: HK0102-Bb16.7.5/2024/01 tertanggal 19 Februari 2024.

“Paket Preservasi Jalan Pasahari–Kobisonta–Banggoi–Bula dengan alokasi anggaran Rp16,830,187,157 bakal memiliki panjang 138,72 Kilometer dan sudah dilakukan penan­datanganan kontrak,” ujar Maun kepada wartawan di Ambon, Sabtu (24/2)

Dikatakan, paket Preservasi Jalan Pasahari–Kobisonta–Banggoi–Bula dibagi menjadi penanganan efektif sepanjang 3.3 Km, penanganan berkala jembatan 5 buah, pena­nganan rehabilitasi jembatan 1 buah, dan penanganan rutin Jem­batan 6 buah, dengan tanggal PHO 31 Desember 2024.

Baca Juga: Presiden Jokowi Teken Perpres Publisher Rights

Maun berharap, pekerjaan ter­sebut dilaksanakan dengan baik tanpa ada kondisi cuaca alam yang buruk, sehingga pekerjaan dapat dituntaskan selama tiga ratus hari kalender.

“Kita terus membangun jalan trans untuk membuka akses bagi warga yang berada di pulau-pulau terpencil, salah satunya di Pulau Seram ini dan kita berharap bisa selesai pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan,” tuturnya. (S-20)