AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono menjelaskan, dari total anggaran sebesar Rp 46,9 miliar yang diperuntukan untuk penanganan Covid-19, Pemkot Ambon telah menghabiskan sebesar Rp 20 miliar.

Anggaran yang telah terpakai tersebut terbagi dalam beberapa item kebutuhan yakni pengadaan alat alat pelindung diri, jaring pengaman sosial serta bidang-bidang lainnya dalam penanganan pandemi ini.

“Pansus percepatan penanganan covid sudah gelar rapat dengan gugus tugas pada Selasa (23/6) dan kita minta tim gugus untuk menjelaskan secara utuh rencana PSBB di Kota Ambon, kemudian penggunaan anggarannya dan dijelaskan demikian,” jelas Rustam kepada wartawan di Baileo Rakyat Belakang Soya, Kamis (25/6)

Menurutnya, pasca pertemuan tersebut, mengingat PSBB bersifat temporer di 14 hari, maka pihaknya sepakat akan melakukan rapat evaluasi setiap seminggu.

“Setiap minggu kita akan undang lagi untuk evaluasi proses pelaksanaan PSBB  di Kota Ambon, dan seperti Rabu kemarin rencananyakan sudah ada penindakan soal PSBB,” ujarnya.

Ia berharap, mudah-mudahan dengan kerjasama pemerintah dan masyarakat, dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19. Selajn itu, ia juga berharap, Pemkot Ambon dapat memperhatikan masyarakat dalam pelaksanaan PSBB ini.

“Intinya harapan kita di DPRD, penggunaan anggaran untuk penanganan covid ini sesuai dengan sasaran. (Mg-5)