AMBON Siwalimanews – Pasien terkonfirmasi positif Virus Corona di Maluku bertambah lagi 7 orang, Jumat (5/6).

Penambahan 7 kasus itu, berasal dari Kota Ambon. Dengan penambahan itu, maka jumlah kasus positif di Maluku berjumlah 261 kasus.

“Hari ini penambahan 7 kasus setelah hasil polymerase chain reaction (PCR) diterima dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Ambon,” ujar Karo Humas dan Protokol Setda Maluku, Melky Lohy dalam rilis yang diterima Siwalima, Jumat (5/6).

Lohy menjelaskan, penambahan 7 kasus positif itu berasal dari Kota Ambon. Sehingga jumlah positif di Kota Ambon menjadi 189 kasus.

“Sebelumnya Kota Ambon itu 182 kasus, dengan penambahan 7 kasus terkofirmasi di Ambon menjadi 189 kasus. Sementara di kabupaten lain tidak ada penambahan kasus baru,” terang Lohy.

Baca Juga: Satu Positif, 60 Pegawai BKD Buru Jalani Rapid Test

Selain penambahan 7 kasus, ada 3 orang yang dinyatakan sembuh. “Pasien yang dinyatakan sembuh yakni kasus 57 perempuan inisial EB (57), kasus 119 perempuan inisial RL (30) dan kasus 120 perempuan inisial CJB (54),” ujar Lohy.

ODP Turun

Sampai dengan Jumat 5 Juli 2020 pukul 12.00 WIT, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Maluku menurun, sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) tetap.

“Sampai dengan Jumat 5 Juli 2020 pukul 12.00 WIT jumlah ODP di Maluku sebanyak 42 orang,” ujar Lohy.

Lohy merincikan jumlah ODP di Kota Ambon sebanyak 31 orang, kabupaten malteng 9 orang,  kabupaten SBB 1 orang dan kabupaten SBT 1 orang.

Sedangkan jumlah PDP sebanyak 31 orang, masing-masing Kota Ambon sebanyak 24 orang, Kabupaten Maluku Tengah 4 orang, Kabupaten Buru Selatan 2 orang dan Kabupaten Buru 1 orang.

5 Pasien Dipulangkan

Setelah menjalani perawatan, pihak Rumah Sakit Umum Pusat RSUP dr. Johanes Leimena memulangkan 5 pasien Covid-19 ke rumah masing-masing, Jumat (5/6), karena dinyatakan sembuh.

Dari lima pasien yang dinyatakan sembuh itu, tiga adalah tenaga medis yang bertugas di RSUD dr. M Haulussy dan Rumah Sakit Bhayangkara Ambon. Sedangkan dua lainnya adalah warga Kota Ambon.

Kelima pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh adalah Ny.SP (39), Ny.AS (38), Ny.YP (26), Tn. ST (44), Ny. MHN (43).

“Mereka yang dipulangkan sudah dilakukan pemeriksaan PCR sebanyak  2 kali berturut-turut  dan hasilnya negatif,” jelas Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP dr. Johanes Leimena, dr. Yan Aslianur kepada wartawan disela-sela pemulangan kelima pasien.

Mereka yang dipulangkan ini, kata Aslianur, sudah dirawat kurang lebih tiga minggu.

Sementara Direktur RSUP dr. Johanes Leimena Celecinus Munthe berharap, pasien yang sudah sembuh dan dipulangkan, mampu menjadi agen perubahan.

“Mampu memberikan pengertian, agar kita bisa bersama-sama menghadapi Covid-19 ini,” ujar Munthe.

Munthe juga mengingatkan kepada masyarakat memahami dengan baik, bagaimana caranya untuk melawan Covid-19, dengan menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak dan tetap tenang, bisa untuk bisa menjaga kesehatan.

”Tidak perlu panik dengan wabah ini. Bagaimanapun juga, kita harus mampu untuk menghadapi Covid-19, apalagi dalam rencana pemerintah untuk mempersiapkan new normal life. Dimana kita harus fokus kepada kesehatan bersama dengan menjaga jarak,” himbaunya. (S-39)