AMBON, Siwalimanews – Sebagai tempat pelatihan dan belajar bagi aparatur sipil negara, ternyata sejumlah ruangan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Maluku tidak layak, akibatnya saat musim penghujan tiba, bocor dimana-mana.Kebocoran terjadi di atap, plafon dan saluran air. Pantauan Siwalima, Rabu (4/3), kebocoran paling parah terjadi di gedung utama kantor tersebut, tepatnya di lantai II. Atap gedung sudah hancur, saat hujan turun dengan intensitas sedang terjadi banjir di dalam ruangan.

Tidak hanya itu, saluran air di ruang  rapat pun sudah hancur, alhasil ketika hujan turun, air melewati dinding dan lantai. Akibat kebocoran itu juga menyebabkan sejumlah plafon di ruang rapat maupun ruangan lantai II gedung utama hancur, karena terbuat dari bahan gypsum yang mudah rusak.

Kepala BPSDM Maluku, Hadi Sulaiman ketika dikonfirmasi Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (4/3) membenarkan hal itu. “Benar, terjadi kebocoran atap di lantai II gedung utama BPSDM termasuk saluran air, plafon. Rencananya dalam waktu dekat sudah dilakukan rehabilitasi gedung,” ujar Sulaiman.

Dikatakan, tahun 2020 pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 500 juta melalui APBD untuk dilakukan perbaikan. Dengan anggaran Rp 500 juta ini juga pihaknya berencana untuk melakukan perbaikan pada kamar mandi serta pengecatan dinding sejumlah gedung.

“Jadi selain kita perbaiki atap, plafon dan saluran air juga dilakukan perbaikan pada kamar mandi dan pengecatan dinding,” tandasnya.

Baca Juga: Kapolda Ajak Gereja Ciptakan Manusia Bermoral

Saat ini jelas Sulaiman, proses lelang untuk perbaikan sudah dilakukan.

“Kalau sudah ada pemenang, proses perbaikan dan rehabilitasi segera dilakukan,” tandasnya.