AMBON, Siwalimanews – Dua rumah di kawasan Benteng tepatnya di RT004/03 Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, masing-masing milik Fanny Sopacua dan Nikolaa Akakip ludes dilalap si jago merah.

Kebakaran yang terjadi Minggu (16/10) malam ini diakibatkan adanya kebocoran gas dari tabung LPG yang digunakan untuk memasak di rumah milik Fanny Sopacua.

“Salah seorang penghuni rumah Willy Sopacua menjelaskan, saat itu saksi berada di dalam rumah dan hendak memasak nasi dengan  menggunakan kompor gas, sementara memasak, saksi memutar selang regulator dan seketika api menyembur keluar dari kompor,” jelas Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Moyo Utomo, kepada wartawan di Mapolresta, Senin (17/10).

Api yang membesar membuat saksi panik, dan berlari keluar rumah serta meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan kobaran api.

Peralatan seadanya membuat warga sekitar kesulitan, alhasil api dengan cepat menghabiskan rumah milik Fanny Sopacua, kemudian menjalar ke rumah milik Nikola Akakip.

Baca Juga: Pemkab dan DPRD Buru Disomasi Pemilik Lahan

“Warga sekitar yang mendengar teriakan langsung berdatangan dan mencoba memadamkan kobaran api tersebut dengan peralatan seadanya, namun kobaran api terus membesar dan membakar seluruh bangunan rumah dan menjalar ke rumah sebelah, yaitu rumah bapak Nickolas Akakip dan membakar seluruh rumahnya,” pungkasnya.

Tak lama berselang, personel Polsek Nusaniwe, disusul 4 Unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Ambon langsung memadamkan kobaran api. Kurang lebih 2 jam bergelut, api berhasil dijinakan sekitar pukul 22.00 WIT.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian yang dihasilkan hanya kerugian materil, berupa dua unit bangunan rumah yang ditaksir bernilai Rp550.000.000.(S-10)