AMBON, Siwalimanews – 14 hari pelaksaaan, operasi zebra salawaku 2022, berakhir pada Minggu (16/10). Tercatat ada 165 pelanggaran yang terekam electronic traffic law enforcement (ETLE) yang terpasang disejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon.

“Selama 14 hari ops Zebra Salawaku, kami mencatat sejumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi. Kami juga menemukan kejadian kecelakaan lalu lintas di Kota Ambon, dimana ETLE Statis sebanyak 90 kali, sementara yang terekam ETLE mobile berjumlah 75 pelanggaran,” ujar Kabid Humas Polda Maluku, Kombes M Roem Ohoirat kepada wartawan di Mpaolda, Senin (17/10).

Tak hanya pelanggaran yang terekam ETLE, personel operasi zebra juga menemukan kurang lebih 920 pelanggaran yang diberikan sanksi berupa teguran. Ditambah 11 kejadian kecelakaan lalu lintas yang menimbulkan korban jiwa.

“Kami juga melakukan teguran terhadap pelanggar lalu lintas sebanyak 920 kali, sedangkan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kota Ambon sebanyak 11 kasus, yang menyebabkan korban meninggal dunia sebanyak 2 kasus, luka berat 2 kasus, dan luka ringan 7 kasus,” jelasnya

Ohoirat berharap, operasi Zebra Salawaku 2022 yang digelar tersebut dapat menimbulkan kesadaran lalu lintas bagi masyarakat, khususnya pengguna jalan.

Baca Juga: Pertamina Didesak Awasi Agen Nakal

“Kami harap ada kesadaran masyarakat, sehingga terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di Kota Ambon, dan secara umum di Maluku,” harapnya.(S-10)