AMBON, Siwalimanews – Surat suara Pemilu 2024 untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI tiba di Pelabuhan Terminal Peti Kemas (TPK) Ambon, Selasa (19/12).

Terdapat 1 kontainer dan berisi sejumlah 701 koli surat suara yang selanjutnya akan didustrubusikan ke 11 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Maluku.

Proses pembongkaran dan pengangkutan logistik Pemilu untuk KPU Kota Ambon yang baru tiba dengan Kapal Meratus tersebut, disaksikan oleh KPU Provinsi Maluku, serta diawasi oleh Bawaslu Provinsi Maluku.

Untuk pendistribusian awal Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku, melakukan pengamanan dan pengawalan distribusi logistik tersebut ke KPU Kota Ambon.

Pengawalan yang dilakukan oleh Satgas OMB Salawaku dilaksanakan mulai dari Pelabuhan Terminal Peti Kemas (TPK) Ambon sampai ke gudang penyimpanan logistik KPU Kota Ambon.

Baca Juga: Bawaslu Perintahkan KPU Coret Sukmawati dari DCT

“Hari ini kami kembali mengamankan dan mengawal pendistribusian logistik Pemilu ke KPU Kota Ambon,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat, kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (19/12).

Surat suara pemilihan Presiden-Wakil Presiden RI ini diangkut menggunakan dua unit mobil box. Total yang dibawa ke KPU Kota Ambon sebanyak 130 koli. Setiap koli berisi 2000 lembar surat suara.

“Yang dikawal ke gudang penyimpanan logistik Pemilu Kota Ambon sebanyak 130 koli. Proses pengawalan berjalan aman dan lancar,” pungkasnya. (S-10)