AMBON, Siwalimanews – Joseph Sikteubun menjadi bakal calon anggota DPD RI dapil Maluku yang menutup rangkaian pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku, Sabtu (13/5).

Kedatangan Siktiubun diterima langsung Ketua KPU Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun didampingi anggota Almunadsir Sangadji, dan Abdul Khalil Tianotak diruang pendaftaran lantai 2 Kantor KPU Provinsi Maluku.

Ketua KPU menjelaskan berda­sarkan PKPU 11 Tahun 2023 menegaskan bakal calon anggota DPD RI dapat mengajukan pendaf­taran ke KPU jika memenuhi syarat dukungan minimal pemilih sebanyak 2000 dengan sebaran minimal 6 Kabupaten dan Kota.

“Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 305 Tahun 2023 Tentang penetapan bakal calon anggota DPD RI dapil Maluku maka Joseph Siktiubun dinyatakan memenuhi syarat dukungan minimal pemilih sebanyak 2.618 dan sebaran pada 10 Kabupaten dan Kota maka dapat mengajukan pendaftaran,” ungkap Kubangun.

Menurutnya setelah dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen B pendaftaran dan BB Pernyataan Pendaftaran serta dokumen yang diupload pada Sistem Informasi Pencalonan (SILON) maka KPU menyatakan menerima dokumen pendaftaran bakal calon untuk dilakukan tahapan selanjutnya.

Baca Juga: PDI Perjuangan Resmi Daftar ke KPU

Lanjutnya, dengan pendaftaran yang dilakukan bakal calon anggota DPD Joseph Siktiubun maka semua bakal calon anggota DPD RI yang telah mendaftarkan diri Ke KPU Provinsi Maluku dan akan dilan­jutkan dengan verifikasi administrasi pada 15 Mei hingga 23 Juni 2023 dan perbaikan dokumen pada 26 Juni hingga 9 Juli 2023.

Keempat belas bakal calon anggota DPD RI dapil Maluku yang telah mendaftarkan diri diantaranya, Abukasim Sangadji, Ali Roho Talaohu, Anna Latuconsina, Bisri As Shidiq Latuconsina, Frangkois Klemens H. M. Yasin Welson Lajaha.

Selanjutnya Hasanuddin Rumra mendapat, Joseph Sikteubun, Melkias L. Frans, Mirati Dewa­ningsih, Nono Sampono, Novita Anakotta, Samson Yasir Alkatiri dan Sitti Amina Amahoru.

“Pak Joseph ini yang terakhir menutup pendaftaran bakal calon anggota DPD dan selanjutnya akan di lakukan verifikasi administrasi serta tahapan lainnya,” pung­kasnya.

Siap Berjuang

Bakal Calon Anggota DPD RI, Francois Klemens Orno memastikan dirinya siap untuk berjuang bagi masyarakat Maluku.

Penegasan ini diungkapkan Orno saat mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPD RI yang diterima langsung KPU Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun didam­pingi anggota Almunadsir Sangadji, Abdul Khalil Tianotak, Engelbertus Dumatubun dan Hanafi Renwarin diruang pendaftaran lantai 2 Kantor KPU, Jumat (12/5).

“Saya berikan apresiasi kepada KPU yang  selama ini intens mulai dari proses awal hingga pendaftaran hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ungkap Orno.

Menurutnya, siapapun orangnya ketika mengambil keputusan untuk ada dalam sebuah proses politik pasti memiliki tujuan  yang sama untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

Perjuangan terhadap masyarakat Maluku inilah yang menjadi latar belakang sehingga dirinya memutus mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI sebab kepentingan masya­rakat Maluku diatas segala-galanya.

“Tentunya kepentingan ma­syarakat Maluku yang menjadi latar belakang mencalonkan diri sebagai anggota DPD, maka saya siap untuk berjuang bagi masyarakat dan daerah Maluku dilevel yang lebih tinggi,” tegasnya. (S-20)