AMBON, Siwalimanews –  Sinergitas antara TNI dan Polri di Kabupaten Kepulauan Tanimbar terus digalakan sebagai problem Solving ditengah-tengah masyarakat. Hla itu ditunjukan dengan dilakukannya apel bersama di lapangan apel Mako Satuan radar 245 Saumlaki di bukit Nifmasbulur, Desa Ilngei, Senin 5/12).

Dandim 1507 Saumlaki Letkol Inf Didik Teguh Waluyo yang memimpin apel itu mengaku, apel TNI dan Polri yang dilakukan secara rutin pada setiap hari Senin ini, dalama rangka memelihara dan meningkatkan sinergitas TNI dan Polri, khususnya di KKT.

“Kegiatan apel gabungan ini sangat penting guna meningkatkan sinergitas antar satuan. Kebersamaan ini harus tetap dipertahankan serta harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Dandim.

Dandim juga minta agar aparat TNI dan Polri dapat mengantisipasi situasi kamtibmas menjelang Natal dan Tahun Baru serta provokator yang berpotensi memecah belah dengan memanfaatkan moment piala dunia 2022.

“Di bulan Desember ini, akan ada perayaan Natal, kemudian Tahun Baru. Pada bulan ini juga dilaksanakan pertandingan piala dunia yang baru-baru ini ada diluar sana perkelahian antar suporter pada moment piala dunia ini. Hal tersebut sangatlah ironis, karena negara lain yang bertanding kita dukung, tetapi di negara kita sendiri justru terjadi konflik antar masyarakat karena hal tersebut. Maka dari itu, kita harus mengantisipasi adanya provokator-provokator yang berpotensi untuk memecah belah kita,” ujar Dandim.

Baca Juga: Aktivitas Pengolahan Beton di Desa Hative Besar Resahkan Warga

Sementara itu, Kapolres Tanimbar AKBP Umar Wijaya menambahkan, kegiatan apel gabungan ini dilakukan sebagai pemenuhan program quick wins presisi Polri, dalam rangka meningkatkan sinergitas TNI dan Polri melalui penyelenggaraan apel gabungan bersama.

“Apel gabungan TNI dan Polri ini, kita lakukan rutin setiap minggunya secara bergiliran di setiap mako TNI maupun Polri yang ada di Tanimbar. Hal itu dilakukan untuk menjalin dan meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri sebagaimana program quick wins presisi yang sementara kita laksanakan saat ini melalui salah satu program yaitu apel bersama,” ucap kapolres.

Untuk diketahui peserta apel gabungan di Mako Satrad ini terdiri dari, 1 SST perwira gabungan TNI dan Polri, 1 SSR Subdenpom Saumlaki, 1 SSR Kodim 1507 Saumlaki, 1 SSR Lanal Saumlaki, 1 SSR Lanud Ig. Dewanto Saumlaki, 1 SSR Satrad 245 Saumlaki, 1 SSR Sat Brimob dan 1 SSR Personel Polres Kepulauan Tanimbar.( S-26)