AMBON, Siwalimanews – Siloam Hospitals hadirkan tes cepat molekuler sensitif yang hasilnya dapat keluar dengan hitungan jam, tanpa menunggu waktu lama. Tes tersebut diluncurkan beradasakan kebutuhan guna mengatasi Covid-19 di Indonesia dan Kota Ambon secara khusus.

Peluncuran tes molekuler yang dilaksankan Jumat (20/11) pekan kemarin itu bertujuan untuk mempercepat prosres identifikasi kasus serta mempercepat langkah penanganan pada pasien terkonfirmasi, menurut hasil yang dikeluarkan.

“Masyarakat pun didorong untuk melakukan tes secara rutin, terutama dengan hasil yang cepat dan akurat demi keamanan pasti dalam beraktivitas dan bermobilitas,” ungkap Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, Carol­-ine dalam kegiatan yang dilaksankan secara zoom meeting trsebut.

Dirinya menuturkan, tingginya angka kematian di Indonesia saat ini dikarenakan kurangnya fasilitas yang dmiliki. Sehingga, menurutnya tes molekuler terbilang dapat membantu.  “Covid-19 di Indonesia dengan angka kematian sebesar 15.393 dan 398.636 orang sembuh. Masih tingginya angka di Indonesia tak lepas dari fakta di lapangan yaitu masih kurang meratanya fasilitas laboratorium untuk menguji semua kasus suspek,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Caroline juga mengungkapkan layanan tes molekuler isotermal, telah tersedia pada seluruh cabang Siloam Hospitals di Seluruh Indonesia. Diungkapkan, untuk performa dari pada alat tes tersebut telah terbutkti secara global dalam penerapan uji Covid-19.

Baca Juga: Lewerissa Desak AMKA dan AP I Selesaikan Renovasi Bandara Pattimura

“Khusus dalam hal waktu proses pemeriksaan (lima menit untuk hasil positif dan 15 menit untuk hasil negatif), serta beragam keunggulan lainnya: Mudah diakses dan diterapkan terutama sebagai penggunaan POCT (Point of Care Test), Performa tinggi dengan sensitivitas dan spesifisitas tinggi, kesalahan hasil tes (false positive test result) yang minimal, teknologi dari Amerika Serikat yang telah tersertifikasi FDA EUA, CLIA Waived, dan CE Eropa, tes molekuler isotermal tersedia di seluruh rumah sakit Siloam Hospitals Group mulai dari Rp 999.000 (minimum 10 orang),” paparnya.

Dengan sifatnya yang portabel atau mudah dibawa, layanan tes molekuler isotermal pun tidak terbatas hanya di lingkungan rumah sakit saja. “Bagi masyarakat yang sudah mulai berkegiatan dengan jumlah peserta terbatas, misalnya acara resepsi pernikahan, pertemuan sosial atau kantor, layanan tes ini juga dapat digunakan. Selain itu, kami juga menyediakan layanan tes di rumah (home care). Silakan hubungi Siloam Hospitals terdekat di kota Anda untuk mendapatkan informasi mengenai layanan tes molekuler isotermal on-site maupun home care,” tambah Caroline.

Ia mengungkapkan, dengan adanya sejumlah penyediaan tes pendeteksi Covid-19 yang dimiliki oleh Siloam Hospitals, yakni tes antibodi (rapid dan serologi), antigen (swab antigen), hingga molekuler (RT-PCR dan isotermal), masyarakat Kota Ambon dan Maluku dapat memanfaatkanmya dengan baik.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami untuk kesehatan dan keamanan bersama,” pungkasnya.

Dirinya juga berharap melalui tes dengan metode baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih lagi untuk mengatasi pandemi, termasuk mengakhiri pola penyebaran Covid-19 seefektif mungkin. (Cr-6)