AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena didampingi OPD melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Mardika untuk memantau pergerakan harga barang komoditi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Rabu (20/12).

Orang nomor satu di kota ambon itu juga langsung menanyakan harga barang ke sejumlah pedagang.

“Menang ada kenaikan harga tertentu untuk komoditi tertentu, terang walikota kepada wartawan di sela-sela sidak.

Menurutnya dari hasil peman­tauan, memang harga barang ke­butuhan pokok seperti Cabai, Tomat, Bawang Merah, Bawang Putih juga sayur-sayuran per­mintaan cukuk banyak ketika memasuki hari raya keagamaan.

Terkait dengan stok, dirinya mengaku rata-rata masih tersedia di Pasar Mardika.

Baca Juga: Dukung Ekonomi, BI Maluku Siapkan 1,29 Triliun  

“Bawang apa semua masih cukup stok, tapi memang biaya transportasi dari daerah penghasil kesini, itu membuat ada kenaikan harga komoditi tertentu,” ujarnya.

Ia membeberkan komoditi di pasar yang mengalami kenaikan adalah Cabai Keriting.

Dirinya memastikan apabila kenaikan harga terus melonjak, maka Pemkot Ambon akan memberikan subsidi kepada para pedagang.

“Apabila masih juga mengalami pembengkakan harga jual, pemkot melalui Dinas Perindag akan memberikan subsidi ke pedagang,” terangnya.

Tujuannya pemberian subsidi kepada pedagang agar masyarakat yang hari ini membutuhkan komoditi-komoditi tertentu, membeli dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Pemkot juga akan melakukan pemantau harga barang pada distributor dalam waktu dekat, sehing­ga dapat memastikan ketersediaan bahan pokok masyarakat tercukupi sampai dengan akhir tahun dan tidak berimplikasi pada pembeng­kakan harga jual.

“Stok barang jelang Natal cukup yang kita sudah cek hari ini. Kan Bawang Merah, Bawang Putih kemudian telur, semua cukup. Nanti kita cek lagi di distributor untuk Minyak Goreng dan lain-lain,” tandasnya. (Mg-3)