AMBON, Siwalimanews – Kakanwil Kementerian Agama Wilayah Maluku, H. Yamin memastikan pelaksanaan sholat Ied Idul Fitri 1445 rencananya akan  berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Rabu (10/4).

Namun, Sholat Ied akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka, jika kondisi cuacanya tidak hujan.

“Rencananya itu untuk Sholat Ied di Masjid Al fatah dipindahkan ke Lapangan Merdeka Ambon pada besok hari rabu (10/4). Kita doakan saja mudah-mudahan cuaca nya bagus, supaya shalat Ied di lapangan merdeka tetap sesuai rencana, “ ungkap Yamin, kepada Siwalimanews, usai pemantauan Hilal di Tanjung Nusaniwe, Negeri Latuhalat, Selasa (9/4).

Ketua Yayasan Masjid Raya Al Fatah Maluku mengakui ada kerjasama Pemerintah Kota Ambon dan Provinsi Maluku untuk memakai ikon Kota Ambon yakni Lapangan Merdeka yang berada di pusat kota untuk melangsungkan ibadah Sholat Ied pertama kalinya setelah 25 tahun pasca-konflik Maluku.

“Ini merupakan kolaborasi antara Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku. Kami, Yayasan Al Fatah diberikan tugas untuk membantu mempersiapkan hal-hal teknis seperti pengaturan mimbar, shaf, lainnya,” kata Ketua Yayasan Al Fatah Maluku Hadi Basalamah di Ambon, Selasa (9/4)

Baca Juga: BPJN: Jalan di Pulau Seram Layak Dilalui Pemudik

Selain itu, kata dia, pelaksanaan Shalat Ied di Lapangan Merdeka juga merupakan simbol kerukunan antar-umat beragama di Kota Ambon Maluku. Pasalnya, kata dia, letak Lapangan Merdeka ini bersebelahan langsung dengan Gereja Maranatha yang merupakan simbol umat beragama Kristen di Maluku.

“Ini jadi satu momen yang menggambarkan kerukunan di Maluku, kita bisa melihat bahwa ibadah Shalat Id dilakukan langsung bersebelahan dengan gereja. Selain itu juga berdasarkan syariat Nabi Muhammad Shalat Id sebaiknya dilakukan di lapangan, karena jika di Masjid Al Fatah, shaf untuk jamaah yang berada di luar masjid tidak bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya karena susah diatur,” katanya.

Untuk diketahui, Shalat Ied besok diperkirakan akan dihadiri jamaah Shalat Ied  di Lapangan Merdeka Kota Ambon akan mencapai sekitar 5.000 orang.

“Saat ini kami sedang mensosialisasikan kegiatan ini agar seluruh umat Islam di Ambon ikut shalat di Lapangan Merdeka. Nanti imam yang bertugas dari Al Fatah, khatibnya akademisi IAIN Ambon Muhammad Attamimi. Oleh sebab itu persiapan terus kami matangkan,” tuturnya. (S-26)