AMBON, Siwalimanews – Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, Bambang Widyarta memastikan infrastruktur jalan nasional di Pulau Seram layak dilalui pemudik.

Penegasan ini diungkapkan Widyarta usai melakukan pantauan terhadap sejumlah ruas jalan nasional, khususnya di wilayah kerja Satker PJN I dan II Provinsi Maluku, Jumat (5/4) lalu.

Widyarta mengungkapkan, BPJN Maluku melalui Direktorat Jenderal Bina Marga terus berkomitmen memastikan jalan nasional di Pulau Seram siap untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas, dan memberikan kenyamanan pengguna jalan yang akan mudik lebaran Tahun 2024.

Bahkan, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, BPJN Maluku telah membangun posko “Siaga Sapta Taruna” yang tersebar di 9 titik.

Ruas Jalan Nasional pada Wilayah Satker PJN I dipastikan layak dilalui yakni ruas Piru – Sp. Ety – Kairatu – Waiselan – Latu – Liang, Piru – Sp. Pelita Jaya – Taniwel dan pada ruas-ruas jalan ini, BPJN Maluku menyediakan dua Posko dan petugas yang tetap siaga untuk memantau kelancaran mudik,” ujarnya dalam rilisnya yang diterima Siwalimanews, Senin (8/4).

Baca Juga: Polres MBD Intensif Layani Aktivitas Pelayaran

Menurutnya, wilayah kerja Satker PJN II Provinsi Maluku, Ruas Jalan yang dipantau yakni ruas jalan Taniwel – Saleman, Liang – Sp. Waipia – Makariki – Masohi – Amahai – Tamilouw – Haya – Tehoru – Laimu – Werinama, Saleman – Besi – Wahai – Pasahari – Kobisonta – Banggoi – Bula – Masiwang – Air Nanang.

“Pada musim lebaran 1445 H tahun 2024 ini, saya memilih tetap berada di Maluku untuk memantau kelancaran arus Mudik Lebaran dan berdasar hasil pantauan ruas-ruas jalan utama ini sudah layak dilewati dengan aman,” kata Widyarta

Dijelaskan, ruas-ruas jalan yang masuk dalam wilayah kerja Satker PJN I dan II Provinsi Maluku adalah merupakan jalur utama bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik menuju ke Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan Maluku Tengah.

Karenanya, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga pada Lebaran 2024 ini berkomitmen untuk memastikan para pemudik dan pengguna jalan yang melintasi ruas Jalan Nasional, khususnya di Pulau Seram agar tidak ada halangan dan bisa tiba dengan selamat sampai ke tujuan.

Sementara itu, Kasatker PJN Wilayah II Provinsi Maluku, Toce Leuwol menjelaskan infrastruktur ruas Jalan Nasional di wilayah kerjanya tidak ada kendala dan dalam kondisi baik.

Bahkan, pokso-posko juga sudah beroperasi dan siap melayani para pemudik yang membutuhkan informasi dan layanan selama dalam perjalanan.

“Ada 7 titik posko yang tersebar di Pulau Seram, yakni PPK 2.1 Provinsi Maluku yaitu ruas jalan Sp. Waipia-Saleman, PPK 2.2 Provinsi Maluku yaitu ruas jalan Tehoru-Laimu, PPK 2.3 Provinsi Maluku yaitu ruas jalan Taniwel-Saleman, PPK 2.4 Provinsi Maluku yaitu ruas jalan Wahai-Pasahari, PPK 2.5 Provinsi Maluku yaitu ruas jalan Kobisonta-Banggoi dan PPK 2.6 Provinsi Maluku yaitu ruas jalan Bula-Masiwang dan Masiwang-Air Nanang,” ungkap Leuwol.

Lanjut Leuwol, sejumlah fasilitas telah disediakan di posko seperti peta informasi ruas, pengisi daya listrik, air minum, kelengkapan kesehatan, tempat istirahat, tempat sholat/ibadah, kipas angin, toilet umum dan kendaraan DRU.

Hal ini untuk membantu kelancaran para pemudik sekaligus sebagai bentuk kesigapan para personil PUPR melayani selama lebaran 2024.(S-20)