AMBON, Siwalimanews – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera di DPRD Maluku mendorong pemerintah pusat, untuk segera menerbitkan regulasi, terkait dengan rencana pembangunan proyek strategis nasional Ambon New Port dan Lumbung Ikan Nasional.

Anggota Fraksi PKS, Rostina kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (20/12) mengatakan, pemerintah pusat perlu untuk mengeluarkan aturan, terkait dengan rencana pembangunan ini, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pengusaha lokal, dan bukan untuk pengusaha dari luar.

“Program strategis nasional ini harus dapat memberikan dampak positif langsung bagi masyarakat Maluku serta pengusaha lokal, bukan untuk pengusaha besar yang ada di pusat,” ungkap Rostina.

Apalagi kata dia, sampai dengan saat ini belum ada regulasi yang dikeluarkan pemerintah pusat, baik dalam bentuk UU maupun Peraturan Pemerintah, yang mengcover seluruh proses rencana pembangunan Ambon New Port dan Lumbung Ikan Nasional, sehingga belum dapat diketahui oleh masyarakat.

Dalam kondisi seperti ini, maka Pemprov Maluku maupun pimpinan DPRD harus secepatnya mendorong pemerintah pusat, untuk segera mengeluarkan regulasi, agar kedua mega proyek nasional ini dapat dikelola secara terstruktur.

Baca Juga: Unpatti Kembali Tambah Dua Guru Besar

“Saya berharap dengan adanya kebijakan dan regulasi yang jelas, maka pembangunan dua proyek strategis nasional ini dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Maluku, sehingga dapat mendorong daerah ini untuk lebih maju lagi ke depan. (S-50)