AMBON, Siwalimanews – Dengan menggunakan KAL Panana lll-913 dan Sea Rider 02 Satrol, Personel Lantamal IX Ambon mengevakuasi penumpang speed boat Inarissa yang mengalami kecelakaan laut di Selat Haruku atau tepatnya di perairan Pulau Pombo saat perjalanan dari Kamariang Kabupaten SBB menuju Pelabuhan Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (20/12).

Speed Inarissa asal Desa Kamariang, Kabupaten SBB hampir mengalami kecelakaan laut disekitar perairan Pulau Pombo, Senin (20/12) sekitar Pukul 08.20 WIT.

“Setelah mendapatkan informasi terjadi laka laut di Selat Haruku, perairan Pulau Pombo atau pada posisi 03°31’004″ S – 128°22’288″ yang menimpa speed boat Inarissa Komandan KAL Panana III-913 Kapten Laut (P) Besar Agung Wibawanto langsung berkoordinasi  dan bergerak menuju Pulau Pombo bersama Sea Rider untuk melaksanakan evakuasi penumpang dan kapal,” tulis pihak Dispen Lantamal IX Ambon dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (20/21).

Berdasarkan keterangan salah satu penumpang speed tersebut Clara Putirulan (17) bahwa, pada pukul 07.00 WIT, speed Inarissa bertolak dari Pelabuhan Kamariang dengan mengangkut 60 penumpang, 5 ABK dan 3 unit sepeda motor, serta barang penumpang yang akan menuju Desa Tulehu.

Sekitar Pukul 08.20 WIT, speed mendekat Pulau Pombo dan mendapati gelombang besar akibat cuaca buruk sehingga speed mengalami oleng ke kanan membuat penumpang panik, sehingga mengakibatkan speed miring ke kanan dan beberapa penumpang langsung melompat ke laut.

Baca Juga: 26 Lulusan STPAK Santo Yohanes Diwisudakan

“Seluruh penumpang dapat dievakuasi dan saat ini berada di pelabuhan Tulehu, namun satu korban meninggal dunia atas nama  Sedek Sosal (60) warga Desa Latu, kini sementara a berada di RSUD dr Ishak Umarella  dan 6 penumpang lainnya sementara di rawat di rumah sakit yang sama,” jelas pihak Dispen.

Selain perseonel Lantamal IX, turut membantu evakuasi para penumpang speed naas ini adalah speed milik masyarakat Kailolo, Bale dan Rhib milik Polair. (S-45)