AMBON, Siwalimanews – Speed Boat Inarissa nyaris terbalik di perairan Pulau Pombo, Kabupaten Maluku Tengah, pasca diterpa gelombang besar, Senin (20/12).

Alhasil, sejumlah penumpang yang berada di dalam speed tersebut melompat keluar karena panik, yang menyebabkan 1 penumpang tewas atas nama Sedek Sosal (60) dan 6 penumpang lainnya masing-masing Yofanta Hehanussa (36), Wa Adia (39), Cai Pattimura (65), Amin Patty (48), Rusda Patimura (50) dan Gasim Patty (54) dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis.

Kasubag Humas Polresta Ambon, Ipda Izack Leatemia kepada wartawan di Mapolresta, Senin (20/12) menjelaskan, speed boat Inarissa yang bergerak dari Desa Kamariang, Kabupaten SBB hendak menuju Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Malteng.

Saat speed tersebut mendekati Pulau Pombo dan diterpa gelombang besar akibat cuaca buruk, membuat speed yang dikemudikan Fery Sapteno (43) oleng.

“Akibat gelombang yang menghantam speed, mengakibatkan speed oleng ke kanan dan penumpang panik, sehingga penumpang langsung melompat ke laut,” beber Kasubag.

Baca Juga: Ampera Desak Kejari Tetapkan Pimpinan DPRD Tersangka

Dengan adanya kejadian tersebut,  speed boat milik warga Kailolo serta KAL PANANA lll-913 dan SEA RIDER 02 Satrol milik Lantamal IX Ambon dikerahkan untuk melakukan evakuasi para penumpang dari Pulau Pombo menuju Desa Tulehu.

Tiba di Tulehu, para korban kemudian dievakuasi ke RSUD Tulehu untuk mendapat perawatan medis.

Sementara Narkoda kapal dan ABK diamankan di Pos Polairud Desa Tulehu untuk dimintai keterangan. (S-45)