AMBON, Siwalimanews – Setelah  mengantongi Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, maka dipastikan pada Senin (26/) Gubernur Maluku Murad Ismail akan melantik Benyamin TH Noach dan Agustinus Lekwardai Kilikily sebagai Bupati Maluku Barat Daya.

Noach-Kilikily merupakan pemenang du perhelatan Pilkada MBD pada 9 Desember 2020 dengan mengantongi 28.210 suara mengungguli pasangan Nikolas Hihan Kilikily-Desianus Orno yang hanya mengantongi 12.244 Suara sedangkan pasangan Johan Nimrot Leunupun-Dolfina Markus menempati posisi ketiga dengan perolehan 5.156 Suara.

Sekda Maluku Kasrul Selang ketika dikonfirmasi Siwalimanews di Kantor Gubernur Maluku,  Sabtu (24/4) membenarkan proses pelanntikan tersebut akan dilaksanakan pada Senin (26/4) di lantai VII Kantor Gubernur.

”Senin nanti pak gubernur akan lantik Benyamin TH Noach dan Agustinus Lekwardai Kilikily sebagai Bupati Maluku Barat Daya,” jelas Kasul.

Kasrul mengaku, Pemprov Maluku telah mengantongi SK Menteri Dalam Negeri terkait pelantikan bupati dan wakil bupati MBD.

Baca Juga: Ini Aturan Baru Larangan Mudik

”SK pelantikan sudah ada, kemarin dibawa oleh Karo Pemerintahan pak Dominggus Kaya. SK ini nantinya dibacakan pada saat pelantikan yang rencananya dilakukan pada jam 16.00 WIT,” ungkap Kasrul.

Menurutnya, situasi pandemi Coviod-19, membuat jumlah tamu dan undangan yang hadir pada saat pelantikan juga akan dibatasi. Pasalnya, penerapan protokol kesehatan ketat akan diberlakukan sama seperti pelantikan dua bupati sebelumnya.

”Jadi jumlah tamu undangan kita batasi, hanya pejabat tinggi di Kabupaten MBD yang menghadiri acara pelantikan secara langsung, demi menjaga protokol kesehatan,” ucap Kasrul.

Undangan bagi para tamu yang akan menghadiri proses pelantikan ini kata Kasrul, sudah disebar sejak Jumat (23/4).

Untuk diketahui, proses gladi resik pelantikan Bupati dan Wakil Bupati MBD sudah dilaksanakan pada Jumat (23/4) sore. Dalam gladi resik itu dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan ketat, yang nantinya dipakai pada saat proses pelantikan berlangsung.

Hadir pada acara gladi resik tersebut, pasangan Benyamin Thomas Noach bersama istri dan Agustinus Lekwardai Kilikily bersama istri, serta sejumlah pimpinan OPD di Lingkup Pemda MBD. (S-39)