AMBON, Siwalimanews – Dua nelayan asal Desa Kampung Baru, Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah yakni Hendra Renata (45) dan La Ego (45) berhasil ditemukan dalam kondisi selamat, Senin (13/2), setelah keduanya sempat dikabarkan hilang selama dua hari saat pergi melaut sejak, Sabtu (11/2) lalu.

Kepala Kantor SAR Ambon, Mustari, dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (14/2) menyebutkan, sebelum dikabarkan hilang, kedua nelayan ini sempat pergi kerompon ikan yamg terletak di tengah laut dengan menggunakan long boat. Namun naas pada saat kembali, long boat yang dinaiki mengalami kerusakan mesin dan hanyut terbawa arus.

“Jarak rompon 1 NM arah utara pulau pisang, saat akan kembali, long boat yang dinaiki mengalami kerusakan mesin dan hanyut terbawa arus,” jelas Mustari.

Tim SAR gabungan yang mendapat informasi pada, Minggu (12/2) mengerahkan tim gabungan untuk melakukan pencarian hingga hari kedua, namun haislnya nihil.

Dalam pencarian tim mendapat informasi, bahwa salah satu korban yakni La Ego (45) berhasil ditemukan diatas rompon.

Baca Juga: 2023, BPN Saumlaki Fokus PTSL di Dua Kecamatan

“Korban pertama ini berhasil ditemukan oleh nelayan setempat diatas rompon, korban selanjutnua dievakuasi ke daratan,” ungkap Mustari.

Dihari yang sama, unsur SAR gabungan mendapat informasi dari Koordinator Pos SAR Banda, bahwa korban Hendra Renata berhasil ditemukan sekitar pukul 10.50 wit oleh Kapal MT Alice XXV pada saat melintasi perairan Laut Banda.

Kapal jenis tanker pengangkut BBM dengan rute Kota Tual menuju terminal BBM wayame Kota Ambon tersebut berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan selamat.

“Pada pukul 17.01 WIT, Kapal MT Alice XXV berhasil tiba di timur perairan Laut Banda dan menghentikan sementara perjalanan serta menunggu tim tiba guna proses penyerahan korban. Korban berhasil dievakuasi tim SAR gabungan dan dibawa menuju kediaman korban di Desa Kampung Baru, Kecamatan Banda Neira, untuk diserahkan ke pihak keluarga,” pungkas Mustari.(S-10)