AMBON, Siwalimanews – Guna meningkatkan capaian vaksinasi di Kota Ambon, maka Dinas Kesehatan kembali membuat terobosan baru dengan membuka layanan vaksinasi Covid -19 di malam hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy ketika ditemui wartwan disela – sela pembukaan pasar murah di Desa Waiheru, Senin (11/4) mengatakan, pelayanan di malam hari ini akan digelar selama bulan Suci Ramadhan yang terpusat di Lapangan Merdeka

“Pelaksanaan vaksinasi digelar selama bulan Ramadhan, dan ini dilakukan secara terpusat di Lapangan Merdeka Ambon,” ungkap Pelupessy.

menurutnya, kegiatan vaksinasi massal di malam hari, dilakukan sebagai langkah jemput bola, lantaran kehadiran warga untuk menerima vaksinasi pada puskesmas – puskesmas sangat minim.

Apalagi di bulan Ramadhan ini, masyarakat yang beragama Muslim melaksanakan ibadah puasa, sehingga untuk divaksin di puskesmas sangat minim, sehingga terkadang tidak mencukupi untuk dibuka satu vial yang berisi minimal 10 dosis vaksin.

Baca Juga: Personel Lanud Pattimura Ziarah ke TMP

“Bagi masyarakat yang hendak mengikuti vaksin pada malam hari, dapat mendaftarkan diri di tempat vaksinasi mulai pukul 19.00 – 21.00 WIT Selain Vaksinasi malam, juga masih dilaksanakan vaksinasi pada siang hari, di Lapangan Merdeka, sedangkan pelayanan vaksinasi di Pukesmas akan kembali dilaksanakan usai Idul Fitri,” jelasnya.

Terkait capaian vaksinasi, Kadinkes akui, hingga saat ini dosis pertama telah mencapai angka 99,72 persen, dosis kedua 67 persen, dan booster atau dosis ketiga 7,74 persen, sedangkan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun, dosis pertama 75,11 persen, dan dosis kedua 47,57 persen,.

Pelupessy juga mengaku, pandemi di Kota Ambon sudah dapat dikendalikan, dengan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 mulai menurun dan kini hanya tinggal enam kasu . (S-21)