TIAKUR, Siwalimanews – Bupati Maluku Barat Daya Benjamin Thomas Noach mengaku, rencana kunjungan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahcfud MD dan Menteri Dalam Negeri  Tito Karnavian di bumi Kalwedo merupakan berkat bagi masyarakat di kabupten ini.

“Kami bersyukur, walaupun dengan kesibukan luar biasa, tetapi Menkopolhukam dan Mendagri bisa jadwalkan untuk berkunjung di MBD terutama di pulau-pulau terluar. Ini berkat besar bagi kami. Muda-mudahan kunjungan kedua menteri bisa terlaksana dan membawa berkat besar bagi MBD,” ucap bupati saat membuka rapat persiapan kedatangan kedua menteri di ruang rapat Kantor Bupati, Senin (12/6).

Ketua Panitia Pencanangan Gerbangdutas Kabupaten MBD yang juga Dandim 1511 Pulau Moa Letkol Inf Galih Perkasa usai rapat tersebut kepada wartawan mengatakan, persiapan kunjungan menteri di Kabupaten MBD sudah mencapai 85 persen, dan persiapannya sudah dilaksanakan jauh-jauh hari.

Sementara lokasi yang telah disiapkan untuk kunjungan yakni, Pulau Metimarang, aula Makodim 1511 Pulau Moa, Pasar Higenis, Ruko, Lapangan Kalwedo dan RSUD Tiakur.

“Yang dikunjungi yakni Pulau Metimarang, dengan menggunakan dua helikopter, setelah dari Metimarang kembali ke Tiakur untuk mengecek pencanangan Gerbangdutas yang posisinya di aula Makodim 1511 Pulau Moa. Selanjutnya ke Pasar Higenis sebagai bagian dari SKPT, dimana dilokasi itu akan ada paparan dari Dirjen Kelautan dan Perikanan dan akan dicek progres dan latar belakang dibuatnya SKPT tersebut. Selanjutnya akan mengunjungi Ruko, setelah dari lokasi itu, Menteri akan mengunjungi dan mengecek RSUD Tiakur dan RS PONEK,” rinci Dandim.

Baca Juga: Kecam Tindakan Asusila Oknum TNI, Pangdam Akan Berikan Sanksi Tegas

Sementara kaitanya dengan kesiapan lain kata Dandim, baik penginapan, transportasi dan transportasi udara dari CN TNI AU dan Trigana, termasuk dua helikopter yang akan digunakan pada saat kunjungan menteri dari bandara menuju Pulau Metimarang dan kembali ke Lapangan Kalwedo/Tiakur, semuanya telah siap.

Selain itu, untuk landasan Heliped r di Pulau Metimarang sesuai laporan untuk dua helikopter yang akan digunakan ukuran 20×20 meter, dimana jarak per helikopter adalah 50 meter, sementara pengerjaanya sudah mencapai 60 persen dan untuk yang bekerja disitu kurang lebih ada 103 orang, yang terdiri dari anggota TNI dan masyarakat, termasuk satgas Pamputer.

“Diperkirakan pada Selasa 13 Juni 2023 ini dua helikopter itu sudah dioperasikan, karena pada, Rabu (14/6) nanti kita akan mengecek kembali setiapobjek spot yang akan dikunjungi,” ujar Dandim

Menyangkut pengamanan kata Dandim, sebanyak 360 personel sudah disiapkan, baik dari TNI maupun Polri ditambah Satpol PP, sehingga semua titik sudah dikafer.

Kedua menteri ini akan bertolak dari Ambon, Kamis (15/6) pagi dengan menggunakan Peswat CN.295 milik TNI AU dan diperkirakan sebelum pukul 16.00 WIT kedua menteri sudah bertolak balik ke Ambon dengan menggunakan pesawat yang sama.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab MBD, karena sudah bersinegeri dan membantu pencanangan Gerbangdutas ini. Untuk kesiapan kami memiliki dua hari lagi. Semuanya sudah sekitar 85 persen dan sisanya diselesaikan pada hari Selasa dan Rabu nanti,” pungkasnya.(Mg-2)