AMBON, Siwalimanews – Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse memantau langsung proses tes kesehatan dan postur tubuh bagi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Pakibra).

Sebelum sampai ke tes kesehatan dan postur tubuh, ratusan peserta terlebih dahulu menjalani serang­kaian tes yang diawali dari tes administrasi, tes intelegensi umum dan tes wawancara kebangsaan.

Awalnya ada 223 siswa mendaftar kemudian tersaring 77 orang yang lulus persyaratan administrasi dan maju ke tahap berikutnya yakni tes intelegensi umum dan tes wawan­cara kebangsaan, hingga akhirnya meloloskan 58 peserta.

“Ke 58 peserta inilah yang ke­mudian mengikuti tahapan seleksi kesehatan dan postur tubuh saat ini,” jelas Ririmasse yang juga ketua panitia seleksi calon anggota Paskibra, di sela-sela tes yang ber­langsung di salah satu hotel di Kota Ambon.

Dari hasil pantauan, menurutnya pelaksanakan tes berlangsung yang cukup ketat dan diawasi oleh anggota TNI Angkatan Darat, guna mendapatkan peserta yang sehat dengan postur tubuh ideal.

Baca Juga: Ahli Waris Anggota KPPS Terima Santunan

“Mereka yang pada tes hari ini nantinya akan mengikuti tes kesamaptaan hingga tes terakhir tes kepribadian dan wawancara,” terang Ririmasse.

Ia berharap[dalam proses seleksi yang dilakukan oleh panitia akan mendapatkan calon Paskibra asal Kota Ambon yang berkualitas untuk mengikuti seleksi yang sama di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

“Hasilnya nanti kita kirim ke provinsi, untuk menentukan anak-anak ini dalam seleksi tingkat nasional. Yang pasti ada keterwakilan yang dari kabupaten kota di Maluku,” tandasnya. (S-09)