AMBON, Siwalimanews – Puluhan rumah yang rusak akibat gempa dengan kekuatan 5.6 skala richter yang mengguncang Maluku Barat Daya (MBD), Minggu (12/12) lalu sudah diperbaiki. Dari semua wilayah di kabupaten dengan tajuk Kalwedo tersebut, 120 jiwa masyarakat Pulau Damer paling terdampak.

Sekretaris Daerah Maluku Barat Daya Alfonsius Siamiloy memastikan pemerintah telah menyelesaikan perbaikan terhadap puluhan rumah yang mengalami kesusakan akibat gempa.

“Pasca gempa tim selain turun untuk memberikan bantuan, juga melakukan pendataan terhadap rumah warga yang rusat baik itu rusak ringan, sedang dan berat,” jelas Siamiloy.

Dirinya menjelaskan proses perbaikan dilakukan setelah tidak ada lagi laporan terjadi gempa sususan di Pulau Damer. “Jadi sudah kita perbaiki. Kerusakan tidak parah,” ujar Siamiloy kepala Siwalima, kemarin.

Bupati MBD Ajak

Baca Juga: Tuasikal: KPN Jangan Salah Gunakan ADD DD

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menyajak masyarakat untuk membantu meringankan beban masyarakat di Pulau Damer pasca gempa.

Gempa dengan kekuatan 5,6 skala richter menghantam kabupaten dengan tajuk Kalwedo Minggu (12/12) masih menyisakan duka yang mendalam bagi warga masyarakat di Pulau Damer.

Walaupun sudah mendapatkan bantuan tanggap darurat dari Pemerintah Kabupaten MBD maupun kelompok masyarakat, namun uluran tangan dari pihak lain masih sangat dibutuhkan.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach dalam sambutannya dalam perayaan Natal bersama dengan TNI dan Polri serta Natal Nasional GMKI di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Dalam pesan Natal itu, bupati dua periode ini mengajak semua insan baik ASN, TNI dan Polri maupun masyarakat untuk memaknail Natal sebagai kasih Tuhan yang tercermin dalam sikap hidup melayani masyarakat untuk terlepas dari ketertinggalan yang keterbelakangan, bekerja keras, bekerja sama demi kemajuan Maluku Barat Daya.

“Berita Natal selain ada kegembiraan tapi juga ada kesedihan ketika Sang Juru Selamat lahir dalam kesederhanaan. Ini pun terjadi saat kita merayakan sukacita Natal, saudara-saudara kita di Pulau Damer merasakan kesedihan akibat gempa bumi,” kata bupati.

Olehnya itu, dirinya mengajak semua pihak untuk berpartisipasi sebagai bagian dari solidaritas bahu-membahu membantu saudara-saudara yang ada di Pulau Damer.

“Saya mengajak kita bahu-membahu membantu saudara-saudara kita yang ada di Pulau Damer,” ajak bupati.

Diperayaan Natal ini juga dirinya menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah memberikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Pulau Damer. “Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan bagi saudara-saudara kita di Pulau Damer agar mereka juga dapat merasakan sukacita Nata lsama seperti yang kita rasakan di malam ini,” ucapnya. (S-09)