AMBON, Siwalimanews – Bupati Abdul Mukti Keliobas menyampaikan selamat Hari Pers Nasional (HPN) ke-76 kepada seluruh insan pers.

“Atas nama pemerintah daerah dan pribadi saya mengucapkan selamat memperingati Hari Pers Nasional ke-76 kepada insan pers di seluruh tanah air terkhusus di SBT,” kata Keliobas.

Bupati dua periode itu mengaka insan pers di Kabupaten SBT menjadikan peringatan HPN sebagai momentum untuk meningkatkan profesionalisme dan bekerja sesuai kode etik jurnalistik.

“Pers harus mampu mengubah mindset dan pola pikir masyarakat sesuai perkembangan zaman,” pesan Keliobas dalam rilis yang diterima Siwalima, Rabu (9/2).

Pemerintah sadar betul, pers merupakan mitra. Selain berfungsi mensialisasikan program dan kegiatan pemerintah, pers katanya melakukan fungsi kontrol atas segala kebijakan dari pemerintah.

Baca Juga: Kodam Dampingi BNPB Salurkan Bantuan ke Kariu

“Pers dapat menjadi pelurus berbagai informasi terutama memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat khususnya terkait berita bohong atau hoax yang marak di masa pandemi ini,” pesan Keliobas.

Dalam pembangunan yang dilakukan pemerintah, Keliobas juga mengharapkan kritik dari insan pers agar betul-betul melakukan fungsi kontrol bagi pemerintah. “Pers mempunyai kewajiban atau pengemban tugas mensejahterakan masyarakat dan membantu pembangunan daerah,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, selamat Hari Pers Nasional 2022 kepada seluruh insan pers Indonesia. “Selamat berdiskusi dan semoga konvensi ini dapat membuahkan masukan komprehensif, utamanya dalam membangun kedaulatan nasional di bidang teknologi informasi dan digitalisasi media,” harapnya. (S-09)