PIRU, Siwalimanews – Hujan deras yang mengguyur Kota Piru dan sekitarnya di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), mengakibatkan sejumlah ruas jalan terendam banjir.

Ruas jalan yang terendam banjir diantaranya jalan depan pasar rakyat serta depan Puskesmas Kota Piru, pemukiman penduduk di klimeter satu, serta jalan poros utama patung oma-opa serta sejumlah ruas jalan lainnya.

Terendamnya sejumlah ruas jalan ini dikerenakan drainasenya berukuran kecils ehingga tak mampu menampung debit air yang mengalir cukup deras serta ada pula ruas jalan yang tak miliki selokan.

Sampai dengan pukul 18.30 WIT, hujan masih terus mengguyur, namun, intensitasnya mulai turun, sehingga warga yang rumahnya tergenang di kawasan kilo meter satu mulai terlihat membersihkan tumpukan sampah di pekarangan mereka.

“Air mulai masuk rumah saat hujan lebat sekali, padahal hujannya hanya beberapa jam saja,” ungkap Lambertus Salenussa warga kilometer satu kepada Siwalimanews, Kamis (3/9).

Baca Juga: Disperindag Tunggu Arahan Walikota

Menurutnya, banjir yang sering terjadi di kilo meter satu itu, akibat buruknya sistem drainase. Olehnya itu ia pun minta pemda untuk memperbaikinya, sehingga banjir tidak melanda mereka lagi.

“Kalau tidak ada perbaikan drainase warga akan terus terendam banjir setiap musim hujan. Jadi pemerintah harus cepat turun tangan,” tuturnya.

Pantauan Siwalimanews hingga saat ini belum terlihat BPBD belum terlihat turun untuk memperbaiki atau melakukan pembersihan terhadap drainase.(S-48)