MASOHI, Siwalimanews – Proyek penyediaan air baku yang digagas Perumdam Tirta Nusa Ina melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku di Wai Noa, Kelurahan Holo, Kecamatan Amahai Kabupa­ten Maluku Tengah baru akan tuntas di 2024 mendatang.

“Tahun 2024 nanti proyek penye­diaan air baku yang sedang diker­jakan sudah dapat fungsikan untuk melayani kebutuhan air minum bagi warga Kota Masohi dan sekitarnya. Kami optimis sebab proses peker­jaan sudah dan sedang berjalan,” kata Direktur Perumdam Tirta Nusa Ina Calvin Tahamata kepada warta­wan di ruang kerjanya, Sabtu (4/6).

Dikatakan penanganan awal yang sedang dikerjakan BWS Maluku, nantinya sampai pada tahap pipani­sasi yang tersambung hingga ku­rang lebih 10 kilomter ke arah kota Masohi.

Selanjutnya sambungnya peker­jaan akan dilanjutkan oleh Balai Permukiman dan Prasarana Maluku hingga tersambung ke wilayah Kota Masohi.

“Pekerjaan awal ini akan dilan­jutkan dengan proyek pipanisasi yang tersambung sampai ke areal sekitar lokasi pencanangan di Kota Ambon. Tahap selanjutnya akan dilanjutkan oleh Balai Permukiman dan Prasarana Maluku dengan mem­bangun instalasi pengelolaan air murni dan pipanisasi yang kemu­dian akan tersambung sampai ke Kota Masohi” jelasnya.

Baca Juga: Lima Personil Polres Ambon Purna Tugas

Dia berharap kerja keras pihaknya yang didukung pemerintah itu, dapat berjalan sesuai rencana, sehingga upaya optimalisasi pelayanan air               minum bagi masyarakat di               Kota Masohi dapat berhasil dilakukan.

“Tentu kami berharap agar planing yang sedang berjalan dengan nilai mencapai ratusan milyar ini dapat selesai tepat waktu agar harapan mengoptimalkan pelayanan air bersih bagi masyarakat dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya. (S-17)