AMBON, Siwalimnews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Maluku Tengah, Halimun Saulatu mengatakan, hingga saat ini masyarakat Keca­matan Seram Utara masih kesulitan terhadap akses kesehatan.

“Dari beberapa agenda reses yang dilakukan dirinya ternyata masyarakat Kecamatan Seram Utara banyak mengeluh terkait dengan keterbatasan sarana dan prasarana kesehatan. Kenyataan ini mestinya direspon secara serius oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dengan cara merealisasikan sebuah rumah sakit yang repre­sentatif bagi masyarakat Seram Utara,” ungkap Saulatu, kepada wartawan, di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (31/10).

Menurutnya, sudah saatnya penjabat Bupati untuk segera merealisasikan pembangunan sebuah rumah sakit khususnya untuk Kecamatan Seram Utara.

“Salah satu alasan diperlukan Rumah Sakit bagi masyarakat Seram Utara karena rentan kendali pelayanan kesehatan terhadap masyarakat setempat terlalu jauh  sehingga kemudian diharapkan masyarakat dapat terlayani,” katanya.

Menurutnya, selama ini belum ada fasilitas rumah sakit yang ada hanyalah puskemas di wahai dan ketika sakit masyarakat harus bertobat  ke RSUD Bula maupun RSUD Masohi yang jaraknya cukup jauh.

Baca Juga: Sidang MPL Miliki Makna Positif terhadap Rasa Toleransi

“Itu kan jaraknya cukup jauh oleh karena itu pelayanan dasar seperti ini harus diperhatikan pemerintah kabupaten Maluku Tengah,” cetusnya. (S-20)