SAUMLAKI, Siwalimanews – Hampir satu tahun menjabat sebagai Penjabat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Daniel Indey klaim ads keberhasilan yang telah dicapainya.

Keberhasilan yang dicapainya itu baik dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Ada beberapa hal yang menonjol yang merupakan capaian yang baik. Ini juga berkat kerjasama semua pihak bukan semata saya sebagai pejabat saja,” tandas Indey, kepada Siwalima,  di ruang kerjanya, Senin (3/4).

Menurut dia, terdapat tiga capaian keberhasilan. Pertama terkait kemiskinan makro dimana tahun 2021 lalu, angka miskin di KKT menembus  27,27 persen. Namun per 31 Desember 2022, terjadi penurunan angka kemiskinan makro yang berada pada 23,88 persen atau menurun 3,39 persen.

Kemudian, terhadap kemiskinan ekstrim juga alami penurunan di tahun 2022 yakni 6,63 menjadi 3,95 persen.

Baca Juga: Salampessy Geram B3 Leluasa Masuk Buru

Sebelumnya ditahun 2021 angka kemiskinan ekstrim berada pada level 10,58 persen.

Kemudian, terjadi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Meskipun, menurut Indey, hanya 0,48 persen. Pasalnya di tahun 2021 IPM berada di angka 62,97 persen. Dan 2022 naik di 63,45 persen.

“Biar kecil tetapi ada peningkatan. Untuk angka pengangguran 4,50 persen, masih diangka yang sama. Intinya ada peningkatan pada tiga aspek tersebut,” tandas Indey.

Selain itu, lanjut Indey, ada juga peningkatan pada beberapa bidang lainnya. Dengan kondisi keuangan daerah tahun 2022 yang cukup berat, namun dengan kerja sama dari semua pihak, akhirnya bisa mencapai itu semua. Memang, kata Indey, masih banyak pekerjaan rumah yang menjadi tangungjawab untuk diselesaikan pada tabun-tahun selanjutnya.

Akan tetapi, mengingat sesuai SK Mendagri, dirinya diberikan tugas hanya setahun dan dapat diperpanjang oleh penjabat yang sekarang atau yang baru, hal itu menjadi kewenangan Mendagri sesuai amanat UU.

“Kedepannya bagaimana, saya tidak berani berkomentar untuk program lanjutannya. Jadi soal rencana kedepannya bagaimana, kita menunggu ketetapan dari Mendagri terkait penjabat KKT 1 tahun kedepan,” kata Indey. (S-26)