AMBON, Siwalimanews – Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Maluku menyambangi Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Namlea, Sabtu (19/3).

Kunjungan tersebut merupakan agenda rutin Satopspatnal dalam mewujudkan ketertiban, keamanan dan keselamatan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan sebagaimana tata nilai Satopspatnal itu sendiri.

Kunjungan yang dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan Maluku, Saiful Sahri, melakukan berbagai agenda di Lapas Namlea, yang dimulai dengan apel bersama jajaran Lapas Namlea, deteksi dini menggunakan instrumen standar intelijen pemasyarakatan, serta monitoring dan evaluasi beberapa target kinerja Divpas.

Dalam arahannya, Kadivpas memyampaikan sejumlah hal saat mengambil apel pagi pegawai mulai dari disiplin pegawai, pemenuhan tarja, kebijakan 3+1 kunci pemasyarakatan maju, tertib administrasi sampai sampai kekompakan tim sebagai salah satu kunci sukses organisasi.

“Organisasi itu layaknya tubuh, supaya bisa berjalan, ketika kepala bergerak, kaki dan tangan ikut mengayun. Leadership penting, tetapi tidak bisa sendiri, jajaran dibawah harus mendukung jika mau maju,” tandas Saiful.

Baca Juga: Tim Pengamat Pemasyarakatan Lapas Gelar Sidang

Menurut Saiful, dengan bekerja sebagai tim yang solid, maka tugas-tugas yang berat akan terasa mudah.

“Kehadiran saya dan jajaran Divpas bukan untuk mencari kesalahan, tetapi lebih kepada upaya preventif untuk sama-sama melakukan pembenahan demi kemajuan bersama,” ujar Saiful.

“Kita bukan superman yang bisa melakukan segalanya sendiri, itulah sebabnya kita hadir disini untuk membenahi hal-hal yang masih kurang, potensi disini sangat besar, manfaatkan itu, tetapi sesuai dengan aturan dan ketetentuan yang berlaku,” tambahnya.

Saiful berpesan agar seluruh jajaran Lapas Namlea dapat memberikan sumbangsih positif bagi organisasi, membangun sinergi internal maupun eksternal dan  menjaga integritas diri dengan cara menjauhi narkoba dan perbuatan-perbuatan tercela lainnya.

“Pesan Pa Kakanwil, kerja yang baik, kerja ikhlas, jaga integritas petugas dan marwah Kemenkumham disini. Jangan mengkhianati nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita dengan tidak menghargai tugas dan kerja kita,” pesannya.

Usai apel pagi, tim bergerak didampingi Kalapas Namlea Ilham menuju setiap sub bidang untuk mengumpulkan data dan informasi sesuai instrumen standar intelpas.

Kadivpas juga turut meninjau area lapas, mulai dari blok dan kamar hunian, dapur, sarana asimilasi dan edukasi Lapas Namlea, serta memeriksa beberapa buku register dan laporan, bahkan Kadivpas juga menyempatkan diri untuk bercengkerama dengan beberapa narapidana yang sedang bekerja di area pertanian Lapas.

Pada kesmepatan itu, Kalapas Namlea Ilham berjanji, akan melakukan pembenahan sesuai rekomendasi Satopspatnal.

“Kami berterima kasih atas kunjungan Pa Kadiv dan jajaran di Lapas Namlea, sekaligus memberikan penguatan bagi kami di sini. Hasil evaluasi tim akan segera kami tindaklanjuti,” janji Ilham. (S-21)