AMBON, Siwalimanews – Balai Pemasyarakatan Kelas II Saumlaki terus berupaya untuk memperkenalkan dan mensosialisaikan diri kepada masyarakat.

Hal itu dibuktikan dnegan turut berpartisipasinya Bapas Saumlaki dalam pameran bazar MTQ Provinsi Maluku XXIX yang berlangsung di Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang diikuti oleh 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

Plt Kepala Bapas Saumlaki Hesta Van Harling menjelaskan, keikutsertaan Bapas dalam mengikuti pameran ini merupakan ajang untuk memperkenalkan tugas dan fungsi Bapas kepada masyarakat luas.

Selain itu, hasil karya klien pemayarakatan dalam wilayah kerja Bapas Saumlaki dan kerajinan tangan dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Tual juga turut dipamerkan dalam kesempatan ini.

“Selama ini masyarakat umum di Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini belum terlalu mengenal keberadaan dan fungsi Bapas, oleh karena itu ini momen yang tepat untuk kita berbaur dan memperkanalkan lebih dekat  kepada masyarakat lewat brosur-brosur yang dibagikan, “ ungkap Hesta dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat(18/3).

Baca Juga: Jaksa Serahkan Memori Kasasi Johana Soplanit

Fitri, salah satu pengunjung stand Bapas Saumlaki mengaku, selama ini yang diketahui hanya Lapas yang merupakan tempat untuk pembinaan narapidana.

“Setelah mengunjungi stand disini saya jadi tahu, ternyata selain Lapas ada juga Bapas dan ternyata memiliki fungsi yang berbeda, dan juga ternyata ada hasil-hasil karya luar biasa yang dihasilkan klien-klien pemasyarakatan,” ujarnya.

Barang-barang yang dijual dalam pameran ini adalah hasil karya klien yang berada wilayah kerja Bapas Saumlaki, berupa miniatur perahu, kuali dari bahan besi, hingga ikat pinggang dari bahan bekas.

Selaku Plt Kabapas, Hesta juga memberikan apresiasi kepada jajaran Bapas Saumlaki dalam mempersiapkan stand pameran ini dengan baik.

“Terima kasih kepada semua pegawai yang sudah bekerja keras, sekalipun jumlah kita terbatas tetapi kita terus berupaya membawa dan memperkenalkan nama Bapas Saumlaki kepada masyarakat umum,” pungkasnya. (S-21)