AMBON, Siwalimanews – Tim Satgas Pangan Polda Maluku, melakukan pengawasan pelaksanaan pasar murah di sejumlah daerah di provinsi ini.

Pasar murah yang dilaksanakan perum Bulog dan Disperindag, menyusul terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat seperti beras.

“Pasar murah sudah dilaksanakan sejak pertengahan bulan Februari 2024 di sejumlah daerah di kabupaten/kota, dan kami melakukan pengawasan agar tidak disalahgunakan,” ungkap Ketua Tim Tindak Satgas Pangan Polda Maluku AKP Piter Matahelumual kepada wrtawan di Ambon, Kamis (29/2).

Di Kota Ambon sendiri kata Matahelmual, pasar murah kerap dilaksanakan secara mobile, dimana pada, Rabu (28/2) kemarin, pasar murah dilaksanakan di ruas jalan Pantai Mardika, sasarannya masyarakat kurang mampu atau masyarakat menengah ke bawah.

Pengawasan pasar murah dilakukan Satgas Pangan Polda Maluku, untuk memastikan bahwa pelaksanaannya tepat sasaran dan tidak dimanfaatkan oleh pedagang yang akan membeli, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang telah dinaikan.

Baca Juga: Ririmase: Atlet Berprestasi Butuh Jam Terbang

“Apabila kedapatan ada pedagang yang dengan sengaja memanfaatkan pelaksanaan pasar murah tersebut untuk mencari keuntungan, maka akan langsung diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” tandas Matahelmual.

Selain mengawasi pelaksanaan pasar murah kata Matahelmual, satgas pangan menjelang bulan suci Ramadhan, juga melakukan pemantauan stok beras, gula, minyak goring dan terigu di gudang Bulog dan gudang para pedagang.(S-10)