AMBON, Siwalimanews – Menyadari sungguh,  pemilih pemula menjadi incaran dalam pesta politik 2024, maka PKS secara nasional, membentuk yang namanya PKS Muda diseluruh provinsi, kabupaten/kota hingga ke Kecamatan-kecamatan.

Di Provinsi Maluku, Pengurus PKS Muda Maluku periode 2023-2026 dilantik.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua DPW PKS Maluku, Asiz Sangkala, di Sekretariat DPW PKS Maluku, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Senin (20/3).

Pelantikan Pengurus PKS Muda Maluku itu juga disertai dengan pembacaan lima Ikrar PKS Muda oleh Sangkala dan diikuti oleh Pengurus yang dilantik.

Dalam sambutannya, Sangkala mengatakan, bahwa semua partai yang ingin besar dan  sukses dalam kontestasi Pemilu 2024, maka harus konsen dengan kepentingan generasi millenial. Karena mereka, merupakan salah satu pemilik suara terbesar di Republik ini, dan mereka, adalah orang-orang yang akan melanjutkan tongkat estafet perjuangan bangsa dan negara ini.

Baca Juga: Bawaslu Temukan Coklit Data Pemilu Bermasalah

Untuk itu, PKS dalam transformasi politik, dari masa ke masa, memandang bahwa konsen terhadap kepentingan millenial, adalah sesuatu yang niscaya.

“5 tahun lalu PKS sudah sepakat  untuk konsen bagimana memberdayakan millineal. Dan  saya berharap, PKS Muda Maluku dibawah pak Saidna, fokus memberdayakan millenial. Terutama dibidang-bidang yang menjadi trennya anak muda Maluku, seperti diantaranya olahraga, musik dan seni, dan juga menjadi kreator dari konten-konten kreatif anak muda,”harapnya.

Dia mengatakan, PKS memiliki 8 program menuju kemenangan Pemilu, salah satunya adalah memberdayakan millenial dan komunitas PKS.

Terkait dengan ini pula, pihaknya juga menantang PKS Muda Maluku, untuk mengambil tanggung jawab dalam perayayaan HUT PKS nantinya dengan menggelar kegiatan dibidang olahraga, seperti turnamen futsal  untuk memperebutkan piala bergilir Ketua Umum PKS Maluku dan tropi, serta hadiah.

Dia juga meminta, PKS Muda Maluku juga melakukan konsulidasi dikalangan millenial.

“Kita juga membuka ruang agar kali ini (Pileg 2024), akan lebih banyak lagi anak-anak muda yang mengisi kursi DPRD di seluruh Maluku, baik di Kabupaten/Kota maupun di Provinsi, agar punya militansi dan integritas serta semangat untuk melayani rakyat itu benar-benar bisa mereka tunjukan,”tuturnya.

Dia juga berpesan, agar pemuda janganlah apriori  dengan politik, karena PKS menghadirkan politik dan pemberdayaan.

“Mari sama-sama kita bangun Indonesia, Maluku, yang kita cintai,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua PKS Muda Maluku, Saidna Azhar Bin Tahir yang baru dilantik, menuturkan, dengan kehadiran PKS Maluku, hal ini berkaitan dengan pesta politik 2024 mendatang, yang mana ada sekitar 60 persen pemilih pemula yang notabennya adalah millenial. Yang mana kalangan ini dapat mempengaruhi daya pilih masyarakat dalam Pemilu 2024 mendatang, terutama bagi kalangan anak muda Maluku.

“Yang pertama kita akan bergerak dibidang olahraga, terutama sepak bola dan juga  musik. Ini menjadi dua program prioritas. Dengan program-program PKS Muda Maluku, kita bersama membangun partai ini dan memberikan kontribusi suara  lewat Caleg-caleg muda kita,”katanya.

Dia menambahkan, bahwa         PKS Muda Maluku akan melakukan terobosan dengan melibatkan dunia milenial, dengan harapan,   mampuh menarik para anak-anak muda Maluku, untuk bergabung dengan PKS Muda Maluku.

“Jadi, kehadiran PKS Muda Maluku ini, kita ingin menyasar pemilih millenial. Dengan itu kita akan betul-betul fokus untuk bagaimana bisa mencapai itu,” harapnya. (S-25)