AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku Edison Sarimanella minta petugas rutan untuk meningkatkan sistem pengawasan terhadap para tahanan yang ada di dalam penjara.

Hal ini, kata dia perlu dingatkan terus, sebab kejadian kaburnya tahanan ini sudah  berulangkali terjadi.

“Pihak rutan harusnya perketat pengawasan agar tidak terjadi kondisi seperti ini berulang kali,” tandas Sarimanella kepada Siwalimanews di Ambon, Kamis(18/3).

Selain itu, Sarimanella juga minta agar para sipir yang bertugas malam itu harus diperiksa secara intensifm sebab ditakutkan ada indikasi mereka bermain mata dengan para tahanan yang kabu ini.

“Saya minta pihak Kanwil Kemenkumham untuk melihat persoalan ini, sehingga kejadian kaburnya 4 tahanan ini menjadi yang terakhir,” tutupnya.

Baca Juga: Demo GMNI di Dinas PU Dibubarkan Keluarga Kadis

Pihak Kanwil juga harus memberikan sanksi tegas kepada para petugas yang tidak menjalankan fungsi pengawasan mereka secara baik, sehingga terjadi kejadian ini.

Sebelumnya, empat tahanan kabur dari Rumah Tahanan Klas IIA  Ambon, Senin (15/3), sekitar pukul 04.00 WIT.

Informasi yang dihimpun Siwalima, keempat tahanan ini kabur dari Rutan dengan cara membobol plafon kamar mandi dan melompat tembok dengan bantuan tali dari kain.

Tahanan yang kabur yakni, Dominggus Saiya, Yermias Sinay, Darma Adam dan Fransisco Nahumury. Namun dari keempat tahanan itu, dua sudah berhasil ditangkap yakni  Yermias Sinay dan Darma Adam, sementara dua lainnya masih dalam pencarian. (S-51)