JAKARTA, Siwalimanews – Setelah sempat tertunda di tahun ini, akhirnya Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas), dipastikan akan digelar di Jawa Timur pada tahun 2022 mendatang.

Kepastian itu menyusul hasil keputusan rapat PWI Pusat, Selasa (18/5) yang ditandatangani Ketua Umum Atal S Depari dan Sekjen Mirza Zulhadi.

“Dalam rapat para ketua PWI se-Indonesia pada 4 Mei 2021, diputuskan Porwanas tetap dilaksanakan tahun 2022 dan Jawa Timur menjadi tuan rumah,” ucap Sekretaris seksi wartawan olahraga (SIWO) Suryansah dalam rilisinya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (19/5).

Dalam rapat itu kata Suryansah, Ketua PWI Atal S Depari mengaku, kondisi Covid-19 membuat Porwanas tidak bisa dilaksanakan pada tahun ini dan dimundurkan pelaksanaanya di tahun 2022.

Hal itu juga sesuai keputusan Rakernas SIWO PWI se-Indonesia yang digelar 24-26 Maret 2021 di Jakarta, yang mana disebutkan, bahwa Jawa Timur tetap bersedia menjadi tuan rumah Porwanas 2022.

Baca Juga: Pohon Tumbang di Batu Merah, Dua Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

“Pertimbangan kemanusiaan, keselamatan dan kesehatan, SIWO PWI Jawa Timur mengundurkan pelaksanaan Porwanas dari tahun 2021 menjadi 2022,” ucap Suryansah.

Dalam suratnya tertanggal 22 Maret 2021 lanjut Suryansah, PWI Jawa Timur menegaskan kesediaannya sebagai tuan rumah Porwanas. Surat pengunduran tersebut diterima Ketua PWI Pusat Atal S Depari pada Rakernas 2021 SWIO PWI di Hotel Pullman, Jakarta, Maret lalu.

“PWI Pusat meresponnya dengan menggelar rapat seluruh Ketua PWI se-Indonesia,” tutur Suryansah.

Dari hasil rapat itu Suryansah menyebutkan terdapat 6 point yakni, pertama, Gubernur Jawa Timur berharap, Porwanas tetap dilaksanakan tahun 2022 dan Jawa Timur menjadi Tuan Rumah.

Kedua, Gubernur Jawa Timur telah berpesan kepada forum Musrenbang di provinsi itu agar Porwanas tetap menjadi prioritas penganggaran, ketiga, daerah-daerah lain tidak ada yang siap menjadi tuan rumah Porwanas di tahun 2021.

Keempat, Covid-19 masih menjadi salah satu alasan tidak dapat dilaksanakannya Porwanas, karena larangan melakukan kegiatan, yang sifatnya pengumpulan massa dalam jumlah besar.

“Pada point kelima, disbutkan bahwa, di Jakarta kesulitan untuk mendapat tempat pelaksanakan Porwanas tahun 2021 dan yang terakhir, PWI Provinsi Jawa Timur, tetap bersedia menjadi tuan rumah pelaksanaan Porwanas 2022,” beber Suryansah. (S-51)